Bangunan Cek Dam Jebol Akibat Banjir Bandang, Kontraktor Siap Perbaiki

Suara Bojonegoro     Minggu, Maret 27, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Bangunan Cek Dam Rondomori senilai Rp1.3 Miliar, Di Desa Sambongrejo, Kecamata. Gondang, Bojonegoro, yang ambrol ini disebabkan oleh gerusan kuat banjir bandang yang terjadi beberapa kali secara terus menerus, sehingga tembok bangunan jebol.

Kepala Dinas PU (Pekerjaan Umum) Bojonegoro, Andi Tjandra kepada suarabojonegoro.com mengatakan, bahwa Rencananya bangunan tersebut akan diperkuat, namun waktunya sudah tidak cukup, namun dia juga menyampaikan atas jebolnya bangunan tersebut, Kontraktor pelaksana proyek siap untuk memperbaikinya.

"Akan dicarikan Solusi agar tidak tergerus air banjir bandang lagi," Kata Andi Tjandra, Minggu (27/3/16). Pada tanggal 17 maret lalu pihaknya sudak melakukan pengecekan terhadap Cek Dam tersebut, akibat diterjang banjir bandang sebanyak dua kali.

Dia juga mengatakan tentang penanganan belum sempat dilaksanakan, dan akhirnya runtuh sepanjang 15 Meter, dan hal itu sudah di prediksi dan penanganan yang harus dilakukan adalah mengatasi aliran bandangnya agar tidak menerjang lagi.

"Bangunan itu dikerjakan 2015 bulan juli dan selesai bulan oktober 2015, jadi bukan baru dua bulan selsai, dan sampai saat ini masih masa pemeliharaan," Jelas Proa yang Hobby mobil antik ini.

Pihak Dinas PU dari perencana pengawas pelaksana, sudah melakukan pengecekan siang kemarin, dan langsung menagendakan penanganannya. Dan dijelaskan oleh Andi Tjandra bahwa Yang longsor dinding penahan tanah sepanjang 15 meter, "jadi tidak semua bangunan longsor, karena memangbangunan itu dibuat untuk menahan longsor dan bandang yang mempengaruhi aliran mata air Rondomori," terangnya.

Selama ini jika terjadi banjir diwilayah teraebut, saluran air Rondomori tidak berfungsi dan tertimbun lumpur serta bebatuan, sehingga perlu dibuatkan pengaman agar aliran air tetap normal dan dapat dimanfaatkan untuk air bersih dan pertanian.

Sebelumnya diberitakan bahwa Cek dam Rondo Mori yang dibangun dengan anggaran senilai Rp1,3 Milyard di Desa Sambongrejo Kecamatan Gondang ambrol dalam waktu semalam. Ambrolnya cek dam tersebut akibat luberan air yang menggerus kanan kiri bangunan saat hujan deras turun. Warga baru mengetahui cek dam ambrol pada pagi harinya setelah semalam hujan deras turun. Akibatnya rencana pengairan lahan pertanian seluas 423 Hektar di tiga desa gagal terlaksana.

Semula saat proses pembangunan cek dam warga sekitar sudah memberikan masukan ke pihak kontraktor, namun saran tersebut diabaikan hingga kejadian bangunan tak tahan lama. Warga sekitar berharap ambrolnya cek dam tersebut segera mendapatkan penanganan sebab bangunan tersebut sangat vital bagi warga. (Ang*)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .