Baru Dibangun 2 Bulan, Bangunan Cek Dam Senilai Rp1.3 Miliar Ambrol

Suara Bojonegoro     Sabtu, Maret 26, 2016    

Reporter : Saamito Anggoro

suarabojonegoro.com - Cek dam Rondo Mori yang dibangun dua bulan lalu senilai 1,3 Milyard di Desa Sambongrejo Kecamatan Gondang ambrol dalam waktu semalam. Ambrolnya cek dam tersebut akibat luberan air yang menggerus kanan kiri bangunan saat hujan deras turun. Warga baru mengetahui cek dam ambrol pada pagi harinya setelah semalam hujan deras turun. Akibatnya rencana pengairan lahan pertanian seluas 423 Hektar di tiga desa gagal terlaksana.

Semula saat proses pembangunan cek dam warga sekitar sudah memberikan masukan ke pihak kontraktor, namun saran tersebut diabaikan hingga kejadian bangunan tak tahan lama. Warga sekitar berharap ambrolnya cek dam tersebut segera mendapatkan penanganan sebab bangunan tersebut sangat vital bagi warga.

"Bangunan salah gambar tidak mengikuti saran masyarakat sekitar," ujar kepala desa Sambongrejo Eko Prasetiyo.

Selain untuk mengairi lahan pertanian juga dimanfaatkan oleh warga untuk air minum. Dari pemanfaatan air cek dam tersebut dapat memenuhi kebutuhan air bersih sebanyak 754 KK di tiga desa yakni desa Senganten, desa Sambongrejo dan desa Gondang.

"Airnya juga untuk air minum saat musim kemarau dan untuk kebutuhan sehari-hari mas," ujar Kepala Desa Sambongrejo.

Pihak desa Sambongrejo sudah melaporkan ke pihak-pihak terkait namun hingga sekarang belum ada penanganan serius. Pihaknya berharap agar pihak terkait segera menurunkan petugas untuk melakukan cek bangunan serta membangun ulang. (Ril/Ang)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .