Bojonegoro Butuh Rumah Aman untuk penangan kasus kekerasan Seks Dan Perempuan

Suara Bojonegoro     Selasa, Maret 29, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Ketua DPRD Bojonegoro, Mitroatin, menyayangkan Bojonegoro belum mempunyai Rumah Aman untuk melakukan rehabilitasi para korban kekerasan seksual, sehingga untuk menampung dan memberikan semangat terhadap para korban untuk nantinya kembali ke masyarakat seharusnya menjadi fasilitas yang harus disediakan pemerintah.

"Rumah aman ini bukan hanya untuk pasca korban kekerasan seksual saja, namun juga untuk para Perempuan yang menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga," Kata Mitro'atin, saat mengunjungi Rumah aman dan menjenguk Bayi dari hasil Kekerasan Seksual yang pelakunya Masih duduk dibangku SD (Sekolah Dasar), di Desa Balenrejo, Kecamatan Balen.

Menurut Mitro'atin Rumah aman ini sangat penting untuk memulihkan mental mereka para korban kekerasan baik seksual maupun kekerasan Rumah Tangga (KDRT) sehingga nantinya didalam rumah aman ini mental para korban akan dibina dan dididik untuk memulihkan seperti kehidupan sebelumnya.

"Rata rata para korban ini kan tertekan setelah mengalami kejadian kekerasan seks maupun KDRT, sehingga butuh sekali pendampingan dan pembinaan," Lanjut Mitro'atin.

Pihaknya akan segera mengambil langkah dengan mengumpulkan steak holder guna membahas persoalan tersebut.

Sementara rumah aman bagi para korban kekerasan bagi perempuan dan anak ini berasa di rumah Pribadi Ummu Hanik, yang juga Divisi Advodkasi PPPA (Pusat pelayanan perempuan dan Anak) Bojonegoro.

Sampai saat ini pengelolaan Rumah Aman, dikelola oleh Ummu Hanik, dan suaminya, dan mereka ditampung dirumah pribadinya, meski belum maksimal, akan tetapi upaya yang penuh selalu diusahakan oleh Ummu Hanik, sehingga para korban ini benar benar merasa aman dan nyaman.

Saat ini ada enam korban pasca kekerasan Seksual dan KDRT yang tinggal di rumah aman, salah satunya Korban perkosaan oleh Bocah SD dan SMP, sementara korban masih berusia dibawah umur dan telah melahirkan seorang bayi hasil dari kejahatan seksual tersebut. (Ang*)


*) Foto Mitro'atin Ketua DPRD Bojonegoro bersama bayi hasil kekerasan seks anak.

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .