Didik Mukrianto: Laskar LDP Kumham Harus Mampu Jadi Kontrol Sosial

Suara Bojonegoro     Jumat, Maret 18, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Kader LDP Kumham (Lembaga Demokrat Penegak Hukum dan Ham) harus menjadi pelaku kontrol sosial bagi masyarakat dan pemerintahan agar para pejabat dan pelaku pemerintahan dapat menjalankan dan melaksanakan pemerintahan dengan baik dan benar dan bermanfaat bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Pusat LDP Kumham juga harus melakukan perlawanan ketidak adilan yang dilakukan oleh kelompok atau individu masyarakat yang dilakukan terhadap masayakat, hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum LDP Kumham, Didik Mukriyanto dalam sambutannya dihadapan Pengurus LDP Kumham DPC Tuban.

"Bentuk Perlawanannya adalah memberikan pendampingan hukum pada masyarakat yang tidak tahu dan tidak paham soal hukum, terutama pada masyarakat kelas bawah," Kata Didik Mukrianto dihadapan pengurus DPAC (Dewan Pimpinan Anak Cabang) LDP Kumham se Kabupaten Bojonegoro, Jum'at (18/3/16).

Dikatakan pula oleh Didik Mukrianto bahwa Kader kader LDP Kumhan juga harus menjadi kontrol sosial bagi masyarakat terutama persoalan hukum yang tidak adil yang menimpa masyarakat.

Selain itu juga disampaikan bahwa Ketidak mampuan masyarakat kecil untuk mengakses hukum dan rasa ketidak adilan dapat dimanfaatkan oleh golongan atau oknum oknum untuk melakukan pelanggaran dan kesewenang wenangan wenangan hukum dimasyarakat, sehingga menurut Didik Mukriyanto, Kader LDP Kumham juga perlu memberikan wawasan dan pemahaman hukum bagi maayarakat.

"Kehadiran LDP Kumham di masyarakat untuk mengambil peran untuk mampu memberikan kekuatan moral dalam memberikan bantuan hukum, pendampingan dan advokasi di masyarakat yang membutuhkan," Terang Didik.

Adanya kasus kasus hukum seperti yang pernah terjadi, menjadi catatan bersama dan LDP Kumham harus menjaga masyarakat, dan aparat penegak hukum pemerintah dan masyarakat lain agar tidak melakukan tindakan hukum yang sewenang wenang.

"Inilah kenapa kita hadir ditengah tengah masyarakat untuk memberikan bantuan hukum terhadap masyarakat yang tidak mampu dan mendapatkan perlakuan ke tidak sewenang wenangan persoalan hukum," Jelas Pria yang juga anggota DPR RI dari Dapil 9 Bojonegoro-Tuban ini.

LDP kumham adalah murni layanan sosial masyarakat bagi yang membutuhkan secara cuma cuma dan gratis bagi masyarakat yang tidak mampu mengaksea ketidak adilan. LDP Kumham akan membantu pendampingan advokasi dan hukum baik yang dilakukan oleh penegak hukum, aparat negara, serta oleh kelompok kelompok tertentu untuk pembelaan hak asasi manusia dan hukum.

"Kita juga akan melakukan pendidikan dan penyegaran terhadap masyarakat bagaimana pentingnya hukum dan keadilan," Pungkasnya. (Ang*)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .