Disnakertransos Ciptakan Peluang Usaha Mandiri Melalui Pelatihan Handycraft

Suara Bojonegoro     Minggu, Maret 06, 2016    

Oleh : Bakti Arifin

Mengawali tahun 2016, Dinas Tenaga Kerja, Trasmigrasi dan Sosial Kabupaten Bojonegoro kembali mengadakan pelatihan kewirausahaan dengan tema Handycraft yang dilaksanakan di 2 (dua) tempat yaitu Kelurahan Sumbang Kec. Bojonegoro dan Desa Tulungagung Kec. Malo. Terpilihnya 2 (dua) tempat ini karena warganya sangat antusias untuk belajar berbagai aneka keterampilan handycraft guna menciptakan peluang usaha mandiri baru sehingga nantinya mampu meningkatkan perekonomian keluarga.

Disnakertransos Kab. Bojnegoro pada kesempatan ini menggandeng LPK Inspiring Moms Bojonegoro sebagai instruktur pelatihan handycraft dengan memberikan materi yang berbeda pada setiap hari pelaksanaannya. Adapun materi  yang diberikan terdiri dari pembuatan Tas Sulam Pita, Bros Hijabber, Tutup dan Tatakan Gelas, Giff Box, Bandu Hias dan diakhiri dengan materi Bros Rajut Kresek. Pelaksanaan di Desa Tulungagung Kec. Malo dimulai pada tanggal 02 Maret dan diakhiri pada tanggal 07 Maret 2016.


Diharapkan setelah mengikuti pelatihan handycraft ini, para peserta yang sebagian besar terdiri dari ibu-ibu mampu menerapkan ilmu yang diperolehnya guna menciptakan lapangan usaha mandiri tanpa harus meninggalkan Desa tercinta. “Ibu-ibu jangan takut untuk berproduksi karena pasar kerajinan handycraft ini sangat luas, jangan takut kalau tidak bisa memasarkan karena banyak cara dan tempat untuk promosi dan mmasarkan produk” kata Ibu Retno salah satu instruktur dalam pelatihan ini. “Pemasaran bisa dilakukan lewat sosial media baik facebook, BBM maupun twiter, serta bisa dilakukan dengan cara aktif mengikuti bazar, bisa pula dititipkan di toko-toko souvenir dan tentunya juga dengan memanfaatkan sebaik-baiknya fasilitas promosi yang telah disediakan Pemkab Bojonegero seperti Galery Dekranasda dan Gedung PLUT” imbuhnya. (JW-BA)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .