EMCL Bantu 6500 Benih Ikan untuk Kartar Cengungklung

Suara Bojonegoro     Jumat, Maret 18, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Lahan sepanjang jalan poros di Desa Cengungklung, Kecamatan Gayam, kini berubah jadi kolam-kolam ikan. Hal tersebut berkat upaya karangtaruna desa setempat yang berinisiatif mengubah lahan tersebut agar menghasilkan berkah bagi masyarakat setempat.

"Daripada tidak terpakai," cetus ketua karangtaruna, Tarom (Jumat, 18/03/2016)

Tarom mengungkapkan, melihat peluang lokasi dan pasokan air yang cukup, para pemuda membuat kelompok usaha budidaya ikan. Inisiatif para pemuda ini didukung oleh operator minyak Lapangan Banyu Urip Blok Cepu yang ExxonMobil Cepu Limited (EMCL).

"Hari ini kita dibantu 3500 Benih gurami dan 3000 Benih ikan tombro," tambahnya.

Bantuan tersebut bagi dia, merupakan dukungan nyata yang harus diapresiasi karena merupakan bentuk sinergi yang baik antara masyarakat dengan operator migas sehingga setiap permasalahan yang ada di sekitar lokasi, dapat diselesaikan bersama.

Tarom berharap, usaha mereka ini akan dicontoh oleh pemuda-pemuda lain yang ada di sekitar proyek migas Blok Cepu.

Dia mengatakan, para pemuda Desa Cengungklung ingin membuktikan bahwa mereka kreatif dan mau berusaha untuk maju. Sementara itu, Camat Gayam, Hartono, yang juga hadir bersama Kepala Desa Cengungklung dan perwakilan EMCL menyampaikan, Karangtaruna harus menjadi penopang ekonomi masyarakat.

"Karangtatuna itu usia produktif. Oleh karena itu, kreativitas dan produktivitasnya harus mampu mendorong perekonomian desa," ungkapnya.

Hartono merasa bangga dengan inisiatif para pemuda ini. Dia menghimbau agar semua pihak mendukung gerakan-gerakan para pemuda tersebut. "Yang telah dilakukan EMCL itu sudah tepat, dukungan yang nyata bagi pengembangan ekonomi masyarakat sekitar," tukasnya.

Perwakilan EMCL, Dave Seta mengungkapkan, dukungan ini merupakan komitmen perusahaannya dalam pengembangan ekonomi. ExxonMobil, kata dia, melihat inisiatif dan semangat yang bagus pada Karangtatuna desa Cengungklung.

"Ini patut kita apresiasi," ujarnya. Selama ini, kata Dave, ExxonMobil telah meninginvestasikan program kemasyarakatannya dalam bidang pengembangan ekonomi, serta pendidikan dan kesehatan. (Ney/rab)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .