Guru Belajar Nge-Blog Bersama Relawan TIK

Suara Bojonegoro     Sabtu, Maret 19, 2016    

Reporter : Rabbani. P

suarabojonegoro.com - Sebanyak 30 Guru tingkat SMP dan juga SMA belajar Nge-Blog atau membuat Blogger, hal ini bertujuan seiring mengikuti perkembangan kemajuan teknologi tak bisa dielak oleh Para pendidik guna menyesuaikan dengan cepatnya teknologo dan informatika (TI) di Negara Indonesia.

"Para Guru harus mampu mengikuti perkembangan teknologi dan dituntut mampu menguasai teknologi dan informatika (TI) guna menunjang kinerja untuk meningkatkan kualitas sumber daya peserta didik," Seperti disampaikan Hanafi selaku Kepala Dinas Pendidikan Bojonegoro, Sabtu (19/3/16).

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Pusat Belajar Guru (PGB) Jalan Rajawali, diharapkan oleh Hanafi bahwa pentingnya menguasai TI, karena banyak tenaga pengajar di Bojonegoro yang tidak lulus Uji Kompetensi Guru (UKG) salah satunya karena gagap teknologi (Gaptek).

Dari data yang ada bahwa sebanyak 12.978 guru yang ikut UKG, hanya 4.500 atau 30 persen yang nilainya memenuhi standar, "Dengan meningkatkan belajar TI diharapkan mampu meningkatkan kualitas sebagai pendidik," Terang Hanafi.

Selain menguasai TI guru juga akan mudah melakukan kegiatan belajar mengajar serta mampu menyampaikan hal hal yang dikuasainya, sehingga para siswa juga dengan mudah akan mampu mengambil materi yang sudah ada melalui TI.

Pelatihan bertemakan “Jadi Guru Produktif Dengan Nge-Blog” oleh ketua panitia pelaksana, Selamet diharapkan mampu memberikan pengetahuan Blogging kepada guru yang belum punya Blog dan mengoptimalkan penggunaannya.

Materi yang diberikan adalah mengoptimalkan konten blog untuk pendidikan, mengisi dan menghiasi blog pribadi serta membagikan konten blog kepada masyarakat pengguna internet, "Kami berharap para Guru dapat menciptakan konten pendidikan e-Learning berbasis Blog yang bisa diakses siswa, masyarakat sekolah dan umum,” ujar Slamet.

Dalam pelatihan ini menghadirkan nara sumber Rifaun Naim, developer website yang juga Ketua RTIK Bojonegoro. Kemudian Nova Wijaya, Profesional Blogger, dan pengurus Harian Relawan TIK. (Rab*)

*) Foto Nova wijaya

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .