Hasil Paripurna, Ada Raperda yang Dibatalkan

Suara Bojonegoro     Selasa, Maret 01, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Rapat Paripurna penutup Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro dengan agenda pembahasan dan penetapan rancangan peraturan daerah kabupaten tahun 2016 akhirnya menetapkan tiga Raperda menjadi Perda (peraturan daerah).

Tiga raperda yang ditetapkan menjadi Perda yaitu Raperda tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Raperda tentang Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat (PD BPR) Kabupaten Bojonegoro dan Raperda tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemerintahan Desa.

Sementara lainnya mengalami penundaan pengesahaannya yaitu Raperda tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa dan Raperda tentang perlindungan Jamsostek dihentikan.

Alasan ditundanya Raperda tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa dikarenakan akan dilakukan pembahasan lebih lanjut untuk menyamakan persepsi Permendagri pasal 4 ayat 1 huruf f antara legislatif dan eksekutif, yakni dengan mendatangkan tim ahli tata negara dan berkonsultasi ke Kementrian Dalam Negeri.

Sedangkan untuk raperda tentang perlindungan Jamsostek dihentikan pembahasannya karena sudah terakomodir oleh peraturan diatasnya yaitu UU BPJS bagi tenaga kerja tahun 2011.

"Tiga rancangan peraturan daerah 2016 dalam paripurna ini ditetapkan menjadi Perda ," kata ketua DPRD Bojonegoro, Mitroatin. (Ney/rab)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .