Kodim 0813/Bojonegoro Latih UTP Anggotanya

Suara Bojonegoro     Kamis, Maret 03, 2016    

Kontributor : Amir Fatah

suarabojonegoro.com -Kodim 0813 Bojonegoro, menyelenggarakan Latihan Uji Terampil Perorangan (UTP) Umum selama tiga hari, (2 s.d 3 Maret 2016). Kegiatan berlangsung dilapangan Makodim 0813, Jalan Hos Cokroaminoto No. 51 Bojonegoro, Jawa Timur.

Latihan Uji Terampil Perorangan (UTP) umum diikuti oleh ratusan Prajurit Tamtama dan Bintara Kodim 0813 Bojonegoro beserta jajaranya, bertujuan untuk menguji tingkat ketrampilan perorangan sesuai dengan kepangkatan.

“Latihan ini merupakan tahap untuk menguji keterampilan perorangan dari materi yang telah diperoleh dan dilatihkan pada setiap waktu dan kesempatan, diharapkan hasil yang dicapai dalam latihan tersebut, dapat digunakan sebagai acuan dan bahan evaluasi dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari” terang Pasiops Kodim 0813 Bojonegoro, Kapten Inf Abdul Karim Zaluku. 

Terpisah, Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Kav Donova Pri Pamungkas menyampaikan, Latihan Uji Terampil Perorangan (UTP) Umum tersebut, merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap tahun, Namun bukan berarti bahwa latihan hanya bersifat seremonial semata.

Menurut Dandim, terutama dalam latihan tersebut adalah penguasaan materi dasar, sebab para peserta UTP tersebut merupakan Bintara Pembina Desa (Babinsa) terkait dengan peran dan tugas Babinsa, dengan harapan Babinsa tersebut mampu malakukan Komunikasi Sosial (Komsos) kepada warga Desa diwilayah binaanya. Sehingga dapat menyelesaikan setiap permasalahan yang ada di Desa.

Ditambahkannya, dengan berpedoman dari Buku Standarisasi yang dikeluarkan oleh Mabes TNI Angkatan Darat, yaitu Buku Petunjuk Umum Prajurit (BPUP) dari tingkat kecakapan 2 s.d tingkat kecakapan 7.

Materi dalam latihan tersebut adalah bersifat Pengetahuan Aparat Teritorial, yakni 5 Kemampuan Teritorial, Intelijen Teritorial, Pembinaan Perlawanan Wilayah, Pembinaan Komunikasi Sosial, Ketatalaksanaan Pembinaan Teritorial, Sisrendal Binter, Bakti TNI, Sikap Teritorial dan lain-lain.

“Agar latihan ini dapat berjalan lancar serta menambah ilmu dalam tugas sebagai Aparat Teritorial, diharapkan latihan tersebut diikuti dengan sungguh-sungguh dengan mengerahkan segenap keterampilan dan kemampuan yang dimiliki, serta utamakan faktor keamanan personel dan materiil" pungkasnya. (Mir/Tris/Rab)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .