Korupsi Jitut Jides, Tinggal Tunggu Jadwal Sidang

Suara Bojonegoro     Kamis, Maret 03, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Subekti, mantan Kepala Dinas Pertanian (Disperta) Bojonegoro, akan segera menjalani persidangan dalam perkara dugaan korupsi dana proyek Jaringan Irigasi Tingkas Usaha Tani (Jitut) dan Jaringan Irigasi Desa (Jidesa) tahun 2012.

Hal itu disampaikan oleh Agung Tri Raditya, selaku JPU (Jaksa Penuntut Umum) Kejaksaan Negeri Bojonegoro. "Berkas perkara Subekti sudah diterima oleh Pengadilan Tipikor Surabaya," kata Agung, (Kamis, 04/03/2016).

Meski berkas perkara proyek senilai Rp 5 Miliar itu sudah diterima oleh Pengadilan Tipikor, pihaknya masih menunggu penetapan jadwal sidang. Tersangka saat ini ditahan di Lembaga Pemasyarakatan, Kelas II A Bojonegoro, sejak kasusnya dilimpahkan ke Kejaksaan oleh Penyidik Polisi.

"Subekti diduga ikut bertanggung jawab di 52 titik proyek Jitut Jides tahun 2012," tambah Agung.

Sementara itu Subekti dijerat pasal 2 Ayat 1 Sub pasal 3 Undang-undang (UU) Nomor 31 tahun1999, sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, juncto pasal 55 ayat 1 ke 1, KUHP kuncto pas 64 ayat 1 KUHP. Akibat perbuatanya Subekti diancam hukuman penjara maksimal 20 tahun. (Ang*)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .