PC PMII Bojonegoro Menilai Pembelian Mobil Damkar, Pemborosan Anggaran

Suara Bojonegoro     Senin, Maret 21, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Bojonegoro menyatakan geram kepada Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, sebab pembelian Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) yang baru oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dengan menelan biaya 29 Milyar.

"Kami menilai ini merupakan pemborosan anggaran belaka, perlu dikaji ulang bahwasanya bencana di Bojonegoro yang paling rawan adalah banjir bengawan solo dan longsor serta banjir bandang di wilayah selatan, oleh karena itu seyogyanya pemerintah lebih fokus pada titik permasalahan banjir yang menjadi langganan warga Bojonegoro," ujar Ahmad Syahid, Ketua Umum PC PMII Bojonegoro.

Selain kebutuhan yang mendasar, perlu dievaluasi juga, dari segi efektivitas dan efisiensi mobil Damkar tersebut. Sebab bangunan gedung yang berlantai tinggi di Kabupaten Bojonegoro sangatlah minim, baru gedung Pemkab dan hotel2. Padahal yang lebih membutuhkan adalah masyarakat di daerah pinggiran. Beda lagi kalau di Bojonegoro sudah banyak gedung-gedung tinggi, sehingga itu merupakan kebutuhan pokok. Tapi ini Bojonegoro kan belum butuh bila dilihat dari segi fungsinya.

"Seharusnya lebih fokus pembelian mobil damkar untuk di setiap kecamatan dan perbaikan infra struktur jalan poros kecamatan," tambahnya.

Ini seharusnya harus menjadi kajian yang mendalam bagi tim Banggar DPRD Kabupaten Bojonegoro, sebab dari segi perencanaan dan penganggaran mereka yang tahu. "Mumpung APBD nya tinggi, langsung bersemangat untuk menghabiskan tanpa melihat berbagai sektor kedepanya, janganlah mental hidup boros melekat pada pejabat kita, seharusnya DPRD bisa lebih efektif dan efisien mengatur anggaran," pungkasnya. (Ril/Ang*)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .