Pelatihan Servis HP Untuk Wirausaha

Suara Bojonegoro     Senin, Maret 14, 2016    

Reporter : Rabbani. P

suarabojonegoro.com - Sekitar 30 pemuda yang berada di Des Pajeng Kecamatan Gondang , mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Disnakertransos. Kali ini pelatihanya adalah service Hanphone (HP), mereka mengaku pelatihan ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan, pelatihan ini ditutup hari Sabtu (13/3).

Dimana selama ini setiap HP mereka rusak, mereka harus pergi ke counter untuk memperbaikinya. "Ya saya merasa senang dengan adanya pelatihan ini, dengan begini paling tidak saya lebih tau tentang komponen HP,"kata Adi (23) salah satu anggota pelatihan.

Namun menurutnya pelatihan ini masih terlalu banyak teori, kurang praktik sehingga peserta masih canggung dan belum mengenal sepenuhnya alat alat dan komponen HP. Peserta pelatihan juga perlu alat yang digunakan untuk mengembangkan hasil dari pelatihan tersebut. "Ya seandainya selesai pelatihan kita diberi satu alat untuk satu kelompok mungkin nanti bisa berkembang, namun jika tidak ada alat mungkin kita akan sampai di tahap ini. Apa lagi alat alat itu terhitung mahal bagi saya," imbuhnya.

Pelatihan sendiri dilakukan selama 5 hari berturut turut, dimulai dari jam 14:00 WIB sampai jam 16:00 WIB. Dalam pelatihan tersebut peserta diperkenalkan dengan alat-alat yang digunakan untuk service seperti solder dan Blower.

Peserta yang mengikuti pelatihan ini nantinya akan mendapatkan sertifikar, sebagai bukti bahwa mereka mampu memperbaiki HP dan bisa digunakan modal untuk melamar pekerjaan di tempat service HP/Counter.

"Diharapkan pelatihan-pelatihan seperti ini terus ada di Desa Pajeng, karena dengan pelatihan ini bisa menambah pengetahuan dan pengalaman pemuda. Dimana selama ini pemuda masih butuh bimbingan untuk sebuah karya yang nantinya sebagai pegangan keahlian mereka,"kata Didik Riyanto (35) Perangkat Desa . (Rab)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .