Ada Jatah Rp 50juta per Desa Persiapan Pilkades Serentak

Suara Bojonegoro     Sabtu, Maret 12, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro ditahun 2016 telah menyiapkan anggaran untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Anggaran tersebut telah dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) induk 2016. "Ada 21 desa yang sudah kami anggarkan di APBD 2016," kata Kepala Bagian Pemerintahan Pemkab Bojonegoro, Supi Haryono (Kamis, 12/03/2016).

Menurutnya, total anggaran yang telah disiapkan Pemkab Bojonegoro senilai kurang lebih Rp 1 miliar dengan rincian setiap desa akan mendapat Rp 50 juta. "Masih ada desa yang belum teranggarkan dan akan disusulkan di P-APBD 2016," tambahnya.

Hal itu berarti tersisa 2 desa yang belum mendapat alokasi anggaran. Sebelumnya, paripurna DPRD telah mensahkan sejumlah Raperda yang menjadi payung hukum pelaksanaan Pilkades tersebut.

Meskipun telah disahkan menjadi Perda, namun masih harus menunggu tahapan klarifikasi di tingkat provinsi. Saat ini, Perda tersebut telah menjalani proses klarifikasi, yakni untuk memastikan tidak ada hal yang bertentangan dengan aturan diatasnya, setelah proses klarifikasi barulah Perda tersebut berlaku sah dengan diundangkan oleh Gubernur Jawa Timur. (Ney/rab)

Foto: Ilustrasi

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .