Pesona Situs Watu Gandul Buat Tim Geologi Harus Datang

Suara Bojonegoro     Kamis, Maret 31, 2016    

Reporter : Rabbani. P

suarabojonegoro.com - Tim Geologi dari UPN Veteran Yogyakarta, hari ini (31/03) mengunjungi situs Watu Gandul yang ada di Desa Sambongrejo, Kecamatan Gondang, Bojonegoro. Berdasarkan informasi yang diterima, mereka akan datang bersama sejumlah tim dari berbagai institusi.

Selain tim geologi juga datang diantaranya tim dari Perhutani Unit II Jawa Timur dan staf Kementrian ESDM. Salah satu agenda kedatangan mereka adalah guna melakukan pemetaan dan menginventarisir kewenangan lokasi dimana situs tersebut berada.

Situs Watu Gandul sendiri, pada pertengahan bulan lalu disebut-sebut sebagai salah satu yang direkomendasikan ke pusat untuk disahkan menjadi kawasan Geo Heritage. Sementara itu, keberadaan situs tersebut cukup vital bagi kehidupan masyarakat sekitar.

“Vital karena ada sumber air yang digunakan untuk mengairi lahan pertanian,” jelas Hariyono, Kasun Kaliasin, desa setempat.

Menurut Pemerintah Desa (Pemdes) setempat, situs Watu Gandul sendiri berada di lahan dalam wilayah hutan, yang pada beberapa tahun lalu sempat dijadikan sebagai lahan pertambangan batu. Namun karena dirasa meresahkan kehidupan warga, Pemdes yang saat ini akhirnya memilih untuk menghentikan aktivitas tersebut.

Baru pada awal tahun 2016 inilah, warga dan Pemdes setempat menyadari bahwa sebenarnya kawasan tersebut mengandung nilai yang luar biasa. Secara fisik, situs Watu Gandul sendiri berupa hamparan batu-batu raksasa dengan sebuah bukit batu yang tersusun secara alamiah sehingga membentuk susunan yang unik.

Dari hasil penelitian Tim peneliti Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPNV) Yogyakarta merekomendasikan agar situs Watu Gandul di Desa Sambongrejo, Kecamatan Gondang dibebaskan dari aktifitas pertambangan. Hal itu dikatakan saat tim melakukan pemetaan lokasi yang akan menjadi kawasan Geo Heritage.

“Ini sudah Geo Heritage, hanya tinggal pengesahan dari Badan Geologi,” kata Didit Aditya, salah satu anggota tim.

Tak hanya menjadi kawasan Geo Heritage, kawasan Watu Gandul juga akan diusulkan menjadi sebuah Geo Park dengan tema vulcanology. “Nanti akan
menjadi geo park, yang dapat menjadi tempat wisata dan edukasi mengenai gunung berapi,” tambahnya.

Dijelaskan, pengesahan kawasan Watu Gandul membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 7 bulan. “Itu bergantung dari partisipasi Pemerintah Kabupaten,” tambahnya. Sementara itu, pihak Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan bahwa kawasan Watu Gandul telah sesuai dengan salah satu spesifikasi yang bakal diangkat di Bojonegoro, yakni Geo Thermal yang masih berkaitan dengan petrolium dan energi. (Rab)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .