Pokja Kebudayaan Bojonegoro Gelar Dialog Budaya

Suara Bojonegoro     Sabtu, Maret 05, 2016    

Reporter : Rabbani. P

suarabojonegoro.com - Kelompok Kerja Kebudayaan Bojonegoro berencana menggelar dialog budaya dengan warga Kecamatan Sekar dan Gondang, dialog yang dirancang sederhana tersebut juga akan diwarnai dengan kegiatan lain yang juga melibatkan anggota sejumlah komunitas lain. "Rencananya mulai tanggal 8 hingga 9 maret nanti," kata Didik Wahyudi selaku koordinator.

Dikatakan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk menggali lebih dalam lagi mengenai perubahan budaya yang terjadi di kawasan tersebut, yakni berkaitan dengan budaya lokal masyarakat setempat. Awalnya kegiatan tersebut hanya akan berlangsung sehari, namun karena sejumlah pertimbangan akhirnya diputuskan untuk bermalam di kecamatan paling selatan itu.

"Sekalian berburu matahari terbit dan gerhana dari Atasangin," tambahnya. Pihak Kelompok Kerja Kebudayaan sendiri mengatakan membuka diri bagi siapa saja yang ingin ikut dalam kegiatan tersebut, namun dijelaskan bahwa rangkaian kegiatan bersifat mandiri dan jelajah ekstrim.

Ikut dalam rombongan itu sejumlah fotografer dan seorang paranormal serta budayawan Bojonegoro. "Intinya, ini adalah trip mandiri yang bonusnya pengetahuan budaya Sekar dan Gondang," jelasnya. Direncanakan, rute yang akan dilalui adalah sendang dan makam Raden Sujono Poro, lalu ke pesarean Raden Atas Aji, kawasan Atasangin, yang sebelumnya akan diisi dengan dialog budaya dengan Kepala Desa, warga, sesepuh dan juru kunci setempat.

Sementara untuk di wilayah sekar, rombongan akan berkunjung ke Watu Gandhul dan bila memungkinkan akan melakukan jelajah budaya di sejumlah lokasi lainnya. Nantinya, hasil dari kegiatan tersebut akan dijadikan bahan kajian budaya sementara dan diunggah ke dalam bentuk catatan digital. "Yang tak berkesempatan ikut, masih bisa melihat di portal kami. Alamatnya di www.pokjabudayabojonegoro.com ," pungkasnya. (rab)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .