Proyek Waduk Gongseng Jalan di Tempat

Suara Bojonegoro     Rabu, Maret 30, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Setelah melakukan kunjungan lapangan di lokasi pembangunan Waduk Gongseng, Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro menemukan sejumlah fakta yang harus segera ditindaklanjuti. "Yakni terkait progres pembangunan yang dikerjakan oleh PT Hutama Karya," kata Wakil Ketua Komisi A DPRD Bojonegoro, Anam Warsito (Rabu 30/3/2016)

Hal yang mengemuka adalah terkait alasan HK mengenai lambatnya proses pengerjaannya. Menurutnya, alasan yang disampaikan kontraktor adalah langkanya material untuk pembangunan proyek waduk gongseng yang sementara ini terpaksa mengambil di daerah Kabupaten Tuban yang memiliki jarak tempuh jauh.

"Mereka memang pernah mengambil material dari Kecamatan Gondang namun tidak lancar, akhirnya terhambat dan mengambil material di luar Kabupaten," tambahnya.

Akibatnya, masih menurut Anam hal tersebut menjadi kendala kontraktor pelaksana apalagi mengambil material dari luar Kabupaten juga bertentangan dengan Perda Bojonegoro no 23 tahun 2012 tentang konten lokal. Hal itu menyebabkan progres masih pada angka 19%, padahal proyek tersebut ditargetkan selesai pada tahun 2017.

"Selain masalah material juga ada masalah lain yang belum terselesaikan, seperti proses relokasi perumahan warga di dua Dusun yaitu Dusun Gangseng Desa Kedungsari dan Dusun Kalimati Desa Papringan Kecamatan Temayang," tuturnya. (Ney/rab)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .