Redam Konflik di Bojonegoro, Bakesbangpolinmas Adakan Sarasehan

Suara Bojonegoro     Rabu, Maret 23, 2016    

Reporter : Amir Fatah

suarabojonegoro.com - Sarasehan Penanggulangan Potensi Konflik dan Kerawanan dalam Rangka Memperkokoh Kerukunan Masyarakat dalam Upaya Preventif Konflik Sosial Menuju Bojonegoro, Bertahan, Aman, Nyaman, Produktif dan Unggul dilaksanakan Oleh Bakesbangpolinmas (Badan Kesatuan, Kebangsaan, Politik, Perlindungan Masyarakat) Bojonegoro yang dilaksanakan guna mengantisipasi kerawanan potensi konflik yang diduga sering muncul di Bojonegoro.

Dalam acara yang dihadiri oleh berbagai Kelompok diantaranya para Ketua Perguruan Silat, Kelompok masyarakat Sumur Tua, Kelompok masyarakat di wilayah Blok Cepu, dan beberapa kelompok kelompok lain yang sengaja dihadirkan oleh Bakesbangpolinmas, Rabu, (23/3/16).

Menurut Kusbianto, Kepala Bakesbanglinmas, bahwa kegiatan ini diharapkan mampu menjadi pemersatu antar kelompok dimasyarakat, "Karena dalam setiap kehidupan masyarakat, tidak lepas dari kepentingan dan persoalan Sosial," Kata Kusbianto.

Sementara itu Bupati Bojonegoro, Suyoto mengatakan bahwa sebuah Negara, atau Kabupaten akan abadi selamanya jika punya ketahanan dan bersaing bertahan jika masyarakat memiliki ketahanan terhadap ancaman apapun, maka Masyarakat akan eksis.

"Bangsa Indonesia bisa bersatu karena ada tekad," Kata Suyoto dalam Sambutannya.

Disampaikan juga bahwa dalam suatu negara atau daerah harus ada kebulatan tekad, seperti dalam janji Bhinika Tunggal Ika, harus ada kebersaaan dan dijadikan sebuah tekad. "Kita ini Bhinika Tunggal Ika, apapun yang terjadi harus satu," Tambahnya.

Masih menuru dia, Konflik terjadi karena janjinya hilang kemuduan berseteru dengan yang lain, sehingga istilah Nasionalisme dapat menjadikan satu diantara etnis, Golongan, dan kelompok kelompok masyarakat lain.

Ada cara niat bersatu, dan ada cara untuk menciptkan konflik, semua kembali pada niat diri kita pada niat untuk menciptakannya, dan biasanya ada niat konflik karena ada kepentingan. (Mir/Rab)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .