Reses DPRD, Kesempatan Masyarakat Untuk Mengadu

Suara Bojonegoro     Jumat, Maret 11, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Sebanyak 45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro melaksanakan reses pada masa sidang I tahun 2016 yang dilaksanakan selama tiga hari yakni 10, 11 dan 12 Maret 2016.

Pelaksanaan reses ini bertujuan untuk menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat guna memberikan pertanggungjawaban secara moral dan politis kepada konstituen di daerah pemilihan sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam pemerintahan.

Total anggaran untuk kegiatan reses tahun 2016 ini sebanyak Rp 1.218.354.000 yang akan dilaksanakan sebanyak tiga kali. Dengan rincian anggaran per anggota sekitar Rp 6.700.000.

Peserta reses adalah elemen masyarakat di wilayah Daerah Pemilihan (Dapil) antara lain Pemerintahan yang meliputi lembaga pemerintahan dan aparatnya serta kelompok masyarakat yang meliputi konstituen, organisasi politik, tokoh masyarakat/tokoh agama, tokoh pemuda, LSM, Ormas, OKp dan Majlis Ta'lim.

Tempat pelaksanaan reses di 5 Dapipl terdiri dari Dapil 1 (Bojonegoro, Dander, Kapas, Trucuk), Dapil 2 (Balen, Kanor, Sukosewu, Sumberrejo), Dapil 3 (Baureno, Kedungadem, Kepohbaru, Sugihwaras), Dapil 4 (Bubulan, Gondang, Margomulyo, Ngambon, Ngraho, Sekar, Tambakrejo, Temayang), Dapil 5 (Kalitidu, Kasiman, Kedewan, Malo, Ngasem, Padangan).

Selanjutnya, Anggota DPRD secara perorangan atau kelompok wajib membuat laporan tertulis atas hasil pelaksanaan tugasnya pada masa reses kemudian disampaikan kepada Pimpinan DPRD dalam forum Rapat Paripurna oleh masing-maisng Fraksi.  (Ney/Ang)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .