60% Dana Desa Cair Bulan Ini

Suara Bojonegoro     Sabtu, April 16, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro saat ini sedang proses menyusun Perbub (Peraturan Bupati) untuk proses pencairan DD (Dana Desa) hal tersebut dikarenakan adanya perubahan Peraturan Pemerintah yang baru untuk sistem pencairan. Sabtu (16/04/2016).

Asisten 1 Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Djoko Lukito menjelaskan, PP yang dulu mengatur sistem pencairan DD dalam tiga tahap, dimana tahap awal pencairannya sebanyak 40%, tahap dua 40%, dan tahap tiga 20% namun dalam peraturan yang baru pencairannya hanya dua tahap yaitu tahap awal 60% dibulan Maret dan 40% di bulan Agustus.

"Namun sampai saat ini tahap awal belum cair," katanya.

Djoko menambahkan, bahwa Pemkab sudah mengintruksikan agar Pemerintah Desa mengajukan berkas untuk pencairan tahap pertama. Yang ditarjetkan dibulan ini sudah bisa cair semua untuk DD bagi 419 desa.

"Setelah dihitung rata-rata tiap desa di Bojonegoro mendapatkan DD sebanyak 600 juta, bahkan ada yang lebih. Dimana dana tersebut bisa digunakan oleh desa untuk dua kegiatan, yaitu pembangunan, dan pemberdayaan," pungkasnya.

Sedangkan untuk pencairan ADD (Alokasi Dana Desa) Djoko mengungkapkan, kalau pada minggu kemarin proses pencairannya sudah mencapai 20%. Sehingga nantinya desa bisa menggunakan anggaran untuk kepentingan masyarakat. (Ney/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .