Dandim Bojonegoro Presentasikan Metode Sergap Gabah Di Mabesad

Suara Bojonegoro     Selasa, April 05, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Terkait tuntutan pemenuhan stok cadangan gabah dan beras Nasional, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Kav Donova Pri Pamungkas menghadiri sekaligus menjadi presenter dalam Rapat Koordinasi Pelaksanaan Sergap (Serap Gabah Petani) di Gedung A.H. Nasution, Mabesad, Jakarta. Selasa 05/04/2016

Dalam Rapat Koordinasi tersebut Dandim 0813 Bojonegoro mendapatkan kepercayaan dari KASAD (Kepala Staf TNI Angkatan Darat) untuk melaksanakan presentasi dihadapan para Dandim Sentra Padi dan Kadistan Provinsi Kabupaten dan Kota se - Indonesia tentang Metode praktek langsung sergap gabah di Sawah.

Kepercayaan tersebut diberikan atas sebelumnya keberhasilan Kodim 0813 Bojonegoro dimana dalam waktu 1 hari yaitu pada hari Sabtu, 2 April 2016 yang lalu mampu mendongkrak serapan gabah petani yang diserap oleh Bulog Subdivre III Bojonegoro secara signifikan yaitu sebanyak 4.074 ton Gabah Kering Panen (GKP) dan 1.500 ton beras medium (sistem kontrak antara Mitra Kerja Pengadaan/MKP dengan Bulog).

Melalui telepon seluler, Letkol Kav Donova Pri Pamungkas menjelaskan bahwa kunci utama keberhasilan tersebut adalah karena seluruh jajaran Kodim 0813 Bojonegoro mampu memutus jalur transaksi antara tengkulak dengan petani, sehingga Bulog dapat membeli dan menyerap GKP petani dalam jumlah besar. Selain itu juga karena belakangan ini pihak Bulog sudah mulai cepat turun ke desa yang sedang panen padi.

"Saya berharap momentum Sergap ini terus dipertahankan mengingat bahwa stok cadangan gabah/beras Nasional yaitu sebanyak 4 juta ton harus tercapai pada tanggal 31 Mei 2016" demikian ditegaskan oleh Letkol Kav Donova.

Rapat Koordinasi Pelaksanaan Sergap (Serap Gabah Petani) sendiri dihadiri oleh 117 orang Dandim Sentra Padi dan 128 orang Kadistan Provinsi Kabupaten Kota se-Indonesia. (Ney/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .