Dewan Ingin Limbah B3 Dikelola Di Bojonegoro

Suara Bojonegoro     Rabu, April 27, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro mengusulkan agar limbah B3 (Bahan Berbahaya Beracun) dari industri seperti Lapangan Banyu Urip Blok Cepu dikelola di kota ledre sendiri tanpa harus diangkut di angkut Bogor yang dikerjakan PT Prasadha Pamunah Lumah Industri (PPLI) Cileungsi. Rabu (27/04/2016).

"Kalau kita belum punya tempat pengolahan limbah B3 yang dibuat," kata anggota komisi D DPRD Bojonegoro, Nasukha usai melakukan forum group discusion terkait pengelolaan sampah di hotel MCM Bojonegoro beberapa hari lalu.

Menurutnya, hal tersebut dilakukan agar pengolahan limbah B3 dari industri yang ada di Bojonegoro juga memberi kontribusi kepada Pemkab Bojonegoro melalui pendapatan yang disetor kepada daerah.

Terpisah, Kepala Badan Lingkungan Hidup Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro Elzadeba Agustina mengatakan jika untuk pembuatan tempat pengelolahan limbah B3 (Bahan Berbahaya Beracun) harus memenuhi beberapa syarat selain letak tempat pengolahan yang harus jauh dari pemukiman juga harus memiliki lahan yang sangat luas dan biaya konstruksi yang sangat mahal.

"Limbah B3 sendiri juga ada tingkatannya, yang jelas biaya konstruksinya sangat mahal," katanya.  (Ney/Red)

Foto: Ilustrasi

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .