Di Gayam Ada Asosiasi Makanan Minuman

Suara Bojonegoro     Kamis, April 14, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Asosiasi makanan dan minuman Kecamatan Gayam meluncurkan etalase produk dengan nama Giras Makarti. Produk olahan makanan dan minuman industri rumahan dari kecamatan tersebut kini bisa diperoleh di sana.

 "Bersama para anggota, kami kelola toko ini secara profesional," ucap ketua asosiasi Ali Mudhofar pada Kamis (14/4/2016).

Menurut dia, para pengelola, yang merupakan anggota asosiasi sudah dilatih mengenai pengelolaan keuangan dan pelaporannya. Dia menambahkan, ada beberapa pengelola yang sudah dilatih di Lamongan selama beberapa hari agar bisa membuat neraca yang baik. "Untuk mendirikan toko ini kita mendapat suntikan dana investasi, sehingga kami harus serius," ujarnya.

Asosiasi yang diketuainya, kata Ali, kini sudah beranggotakan lebih dari 60 pengusaha makanan dan minuman. Asosiasi ini, imbuh dia, merupakan bagian dari program Pusat Inkubasi Bisnis yang diprakarsai ExxonMobil Cepu Limited (EMCL). Para anggota asosiasi diberi pelatihan manajemen usaha, manajemen keuangan, strategi pengemasan produk, dan pemasaran. "Kami dilatih dan didampingi oleh LSM mitra EMCL," tuturnya.

Dengan berdirinya Giras Makarti ini, Ali berharap penjualan dan promosi produk mamin dari Kecamatan Gayam bisa lebih gencar. Selain itu, dia berharap, para pengusaha mamin di Kecamatan Gayam bisa lebih berdaya dan saling menopang satu sama lain. "Usaha kami kan modalnya kecil. Jadi kami harus saling menguatkan," pungkasnya. (Ney/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .