Diknas Siap Dukung Penuh Festival "Dolanan" Anak

Suara Bojonegoro     Jumat, April 08, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Dinas Pendidikan (Diknas) Kabupaten Bojonegoro siap mendukung penuh terselenggaranya festival dolanan anak yang digelar DPD KNPI Bojonegoro yang bekerja sama dengan Pokja Kebudayaan. Hal tersebut dikarenakan adalah bertujuan menghidupkan kembali kebudayaan/tradisi bermain anak yang saat ini hampir sirna. Jumat 08/04/2016

"Apalagi festival dolanan anak menyangkut bahasa jawa yang masuk dalam kurikulum belajar mengajar," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Hanafi.

Dirinya mengatakan juga merasa terbantu dalam menerapkan kurikukulum bahasa jawa kepada anak jika festival seperti ini diselenggarakan sehingga dirinya siap melibatkan semua lembaga sekolah untuk mengikuti festival.

"Mulai jenjang SD, SMP dan SMA bisa ikut serta," tambahnya.

Hanafi mengatakan, pihaknya memerlukan koordinasi lebih lanjut dengan panitia pelaksana festival terkait siapa peserta atau lembaga sekolah yang harus mengikuti.

"Kalau panitia menginginkan Diknas mengirim surat kepada lembaga sekolah agar mengirim anak didik mengikuti festival ini juga akan kami lakukan," tambahnya.

Sementara itu, ketua DPD KNPI Bojonegoro Anam Warsito mengatakan jika acara festival dolanan anak yang berisi lomba bentik patel lel, gapyak bergu, egrang, gangsing, obak sodor, kekean, dongeng anak, cerdas cermat kebudayaan dan ekspresi gerak lagu dolanan seperti lagu cublek-cublek suweng, sluku-sluku batok dan lain-lain adalah acara untuk menghidupkan tradisi anak negeri yang saat ini mulai ditinggalkan anak karena perkembangan jaman seperti adanya gadget.

"Untuk meningkatkan antusias anak pihak panitia juga menyiapkan hadiah bagi peserta," tambahnya. (Ney)

Foto: wisnudjatmiko

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .