Drainase Bantu Desa Atasi Banjir

Suara Bojonegoro     Kamis, April 21, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Sudah lima bulan musim hujan ini warga Desa Kalirejo Kecamatan Kota Bojonegoro bebas banjir padahal sebelumnya limpahan air hujan deras dengan intensitas tinggi yang sering terjadi selalu menggenangi pemukiman jalan desa.

 "Sekarang tidak lagi,  kita sudah punya drainase yang bagus," ungkap Kepala Desa, Sardjo saat musyawarah desa kemaren 20/04.

Kepala Desa menuturkan, drainase bantuan dari ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) di wilayah desanya ada sepanjang hampir seratus meter. Dengan lebar lebih dari delapan meter dan kedalaman rata-rata hampir dua meter, saluran ini mengalirkan air hujan hingga bibir bengawan solo.

 "Program operator minyak Lapangan Banyu Urip Blok Cepu ini membantu masyarakat pinggir Bengawan dari masalah banjir tahunan," ujar dia.

Sardjo mengaku berterima kasih kepada EMCL atas program yang diberikan. Selain membawa perubahan lingkungan yang positif, jelas dia, program ini juga mengajarkan gotong royong, musyawarah, dan kemandirian kepada warga.

 "EMCL menunjuk LSM untuk mendampingi kami membangun drainase ini, warga membentuk tim pelaksana sehingga gotong royong terjalin," ulasnya.

Sardjo berharap, metode program seperti ini akan membangun rasa memiliki dari warga. Sehingga, lanjut dia, infrastruktur tersebut bisa bertahan lama. "Kalau ada mampet, nanti warga sendiri yang akan bergotong royong memperbaiki," cetusnya.

Pada kesempatan tersebut perwakilan EMCL, Slamet Rijadi mengatakan, perusahaannya menjalankan program berdasarkan kebutuhan masyarakat. Dia menjelaskan, sebelum program diajukan ke pemerintah melalui SKK Migas, EMCL melakukan penilaian kebutuhan di masyarakat. "Tidak semua desa tetangga kami dibantu drainase. Kebutuhannya beda-beda," papar dia di depan warga.

Selain itu, imbuh Slamet, pelaksanaan program juga disesuaikan dengan program pemerintah agar tidak tumpang tindih. Tidak hanya soal infrastruktur, namun program kemasyarakatan lainnya di bidang pendidikan, kesehatan, dan pengembangan ekonomi, selalu berkoordinasi dengan Pemerintah setempat. (Ney/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .