Gara Gara Status Facebook, Ketua DKB Didakwa Melanggar UU ITE

Suara Bojonegoro     Kamis, April 07, 2016    

Reporter: Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Sidang perdana kasus pencemaran nama baik yang menggunakan Media Sosial Facebook, pertama kalinya digelar di PN (Pengadilan Negeri) Bojonegoro dengan mendatangkan terdakwa Khuzaeni, Atau biasa disebut Kang Zen Samin (Nama dalam akun Facebooknya. Red). Kamis (7/4/16).

Sidang dengan agenda dakwaan, ini dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Bojonegoro, Dekry Wahyudi, menyampaikan dihadapan Majlis Hakim PN Bojonegoro bahwa Terdakwa Kuzaeni alias Kang Zen Samin, melakukan perbuatan pencemaran nama baik, dengan menggunakan akun Facebook.

"Terdakwa sengaja dan tanpa hak mendistriibusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau dapat membuat diaksesnya informasi elektronik atau dokumen elektronik, yang memiliki muatan penghinaan atau pencemaran nama baik yang ditulis terdakwa melalui akun facebooknya," Kata JPU Dekry Wahyudi.

JPU juga menganggap bahwa perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam dengan pidana dengan pasal 45 ayat 1 Jo pasal 27 ayat 3 UU RI Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Informasi.

Sementara itu Kuasa hukum terdakwa yang berjumlah 13 orang dari Peradi akan mengajukan esepsi dalam persidangan minggu depan.

"Kita akan siapkan esepsi dari tuntutan JPU minggu depan," Kata Mochamad Mansur usai persidangan.

Sementara itu beberapa rekan Khuzaini juga hadir memberikan semangat dan dukungan moral dalam persidangan tersebut, tampak juga beberapa Wartawan juga hadir dan duduk diruang persidangan. (Ang*)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .