Ingin Belajar DJ?, Sekarang Ada Sekolah DJ Di Bojonegoro

Suara Bojonegoro     Selasa, April 26, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - DJ (Disk Jockey) saat ini mulai ngetrend dan banyak remaja yang berlomba lomba ingin belajar dan ingin bermain menjadi DJ, selain menyenangkan dalam bermain DJ memang akan tampak mengasyikan dan membuat banyak orang yang mendengarkan serta menyaksikan permainan musik oleh DJ menjadi terkagum dan dipastikan terlena dalam alunan musik yang dimainkan DJ.

Memenuhi kebutuhan keinginan banyak remaja yang ingin banyak belajar DJ, membuat sejumlah instruktur DJ membuka sekolah DJ di Bojonegoro. Sekolah DJ Getz, mulai dibuka, dan sudah siap menerima pendaftaran siswa baru, yang bertempat di ruko U, jalan Veteran Bojonegoro.

Disampaikan oleh DJ Joe, salah satu pembina Sekolah DJ Getz bahwa dibukanya sekolah DJ Getz ini, karena banyaknya remaja yang ingin belajar DJ, yang dikarenakan hanya sekedar hobby maupun karena keinginan.

Dalam sekolah DJ Getz ini, Joe menjelaskan materi yang akan di berikan diantaranya adalah mulai pengenalan alat, "Bagian ini akan diajarkan bagaimana menggunakan alat DJ yang umum digunakan seperti truntable atau CDJ player ,mixer DJ, tentang fungsi dan kegunaan tombol pada alat," Katanya. Dan hal itu akan dijelaskan secara detail agar dapat saat memakai tidak bingung, karena seorang DJ harus mengenal alat terlebih dulun

Selain itu materi Beat dan clab, para siswa akan diajarkan bagaimana mengenal dan memahami beat pada irama lagu,dari menagkap beat dan club agar mengasah kepkaan dalam teknik mixing

"Selain itu, Siswa juga diajarkan speed hunting/pitch control adalah teknik untuk menyamakan tempo /bpm pada dua lagu yang di putar secara bersama-sama, untuk menghitung BPM lagu secara manual dengan benar," Tambah Joe.

Sementara itu, teknik beat mixing di ajarkan setelah murid menguasai teknik DJ beat&clab, speed, speed hunting, garis besar materi ini adalah mengajarkan bagaimana proses mixing lagu dengan benar dan sempurna.

Dalam Pelajaran DJ juga ada yang namanya materi bar mixing yaitu tentang cara menghitung bar kedua pada lagu yang akan di mix,sehingga lagu menjadi harmonis di DJ school akan di latih  BAR MIX.

"Yang Terakhir adalah finishing mix, yaitu bagaimana melakukan proses pergantian lagu secara harmonis/selaras,dengan kata lain adalah halus, sehingga perpindahanya tidak di ketahuan atau mengejutkan penonton," Pungkas Joe.

Sementara itu Pembina yang lain Andrew, menjelaskan bahwa dalam sekolah DJ yang dibuka ini biayanya sangat rendah dan tidak memberatkan siswa, begitu juga pada jam pelajarannya.

"Materi pembelajaran sekolah DJ ini jangka waktunya adalah 5 minggu sebanyak delapan kali pertemuan," Jelas Andrew.

Dan pertemuan dalam sekolah DJ ini bisa sampai tiga hingga lima bulan. Adapun biayanya sangat ringan yaitu mencapai Rp.1.5 juta dan siswa akan mendapakan sertifikat dari kegiatan sekolah DJ ini. (Ang*)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .