Ingkar Janji, Penambang Pasir DiGeruduk Warga

Suara Bojonegoro     Jumat, April 29, 2016    

Kontributor : Amir Fatah

suarabojonegoro.com - Akibat ingkar janji akan menghentikan kegiatanya menambang pasir di Dukuh Mojo, Desa Kadungrejo, Kecamatan Baureno, Bojonegoro, warga setempat melakukan aksi dengan menggeruduk lokasi kegiatan tambang pasir tersebut, Jum'at (28/4/16).

Masyarakat yang dikordinatori oleh AMKM (Aliansi masyarakat kadungrejo menggugat) yang di ketuai oleh Wahyudi mengatakan bahwa warga Dusun Mojo sudah mulai resah dan merasa cemas akibat adanya penambang pasir manual di sungai Begawan Solo.

"Warga cemas jika penambang pasir ini terus mengeruk pasir diwilatahnya maka akan membuat longsor bibir begawan solo dan sekitarnya," Kata Wahyudi.

Penghentian penambangan pasir yang dilakukan oleh warga Kecamatan Plumpang, Tuban ini, oleh warga Kadungrejo, juga berdasarkan adanya kesepakatan antara kedua pihak penambang dan masyarakat bahwa mereka tidak akan melakukan penambangan pasir diwilayah Kadungrejo, namun hal tersebut dilanggar penambang.

Aparat keamanan dari jajaran kepolisian sektor Baureno yang datang kelokasi sempat menaikan perahu yang di buat penambang pasir tersebut, untuk mengantisipasi tindakan masa yang lebih jauh.

Dikhawatirkan adanya insiden yang lebih jauh lagi, akhirnya pihak kepolisian dari Polsek Plumpang, Polsek Baureno dan AMKM melakukan Mediasi, dengan haraoan masyarakat Kadungrejo agar Tidaj ada lagi penambangan pasir diwilayah Desanya.

"Dari hasil mediasi dan musyawarah, bahwa sementara agar tidak ada pebambangan pasir diwilayah Kadungrejo," Kata Iptu El Fauzi dari Polsek Baureno. (Mir/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .