Inilah Hasil Keputusan Rakor Soal TKD Gayam

Suara Bojonegoro     Rabu, April 20, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Rapat koordinasi membahas tentang kelanjutan Tanah Kas Desa (TKD) Desa Gayam Kecamatan Gayam, Bojonegoro, yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah, Drs. Soehadi Moeljono ini melanjutkan tentang pemahasan proses pengadaan lahan Tanah Kas Desa di Desa Gayam Kecamatan Gayam. Senin (19/4/16).

"Semua pihak agar melaporkan kegiatan proses pembebasan lahan dan kondisi terkini dari berbagai pihak mulai assiten, pihak desa, MCL dan SKK Migas," Kata Soehadi Moeljono.

Ditambahkan oleh Sekda bahwa sejak sebulan lalu ada laporan yang masuk dimana ada TKd di desa Sudu yg sudah dimanfaatkan oleh EMCL agar hal ini juga menjadi perhatian berbagai pihak.

Dari pertemuan yang digelar di Ruang Angling Dharma Pemkab Bojonegoro yang dihadiri oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia, SKK Migas, Mobil Cepu Limited, Tim Pembebasan Lahan Pemkab Bojonegoro, Kepala Desa Gayam dan Camat Gayam serta Badan Pertanahan Nasional (BPN) Bojonegoro melakukan pertemuan rapat koordinasi membahas tentang kelanjutan Tanah Kas Desa (TKD) Desa Gayam Kecamatan Gayam menghasilkan beberapa keputusan antara lain :
1.       Pihak pemohon (SKK Migas) wajib melakukan percepatan penyelesaian tukar menukar tanah kas Desa Gayam dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku serta berkoordinasi dengan instansi yang berwenag atau terkait.

2.       Pihak pemohon (SKK Migas) segera menyelesaikan pembayaran kompensasi / sewa atas pemanfaatan tanah kas Desa Gayam dengan besaran sesuai kesepakatan para pihak.

3.       Pemerintah Desa tetap menuntut bahwa ganti rugi atas pemanfaatan Tanah Kas Desa diganti berupa tanah sesuai dengan kriteria yang telah disepakati dalam Musyawarah Desa.

4.       Rekomendasi tertulis terkait hasil verifikasi dokumen atas 4 penawar oleh SKK Migas akan disampaikan kepada Pemerintah Desa Gayam pada tanggal 19 April 2016 dan selanjutnya rekomendasi tersebut digunakan sebagai kelengkapan dokumen permohonan penetapan lokasi.

5.       Setelah Pemerintah Desa Gayam menerima rekomendasi dari SKK Migas terkait hasil verifikasi atas 4 penawar tanah pengganti TKD Gayam segera melakukan Musyawarah Desa untuk menindaklanjuti rekomendasi dimaksud.

6.       Hasil Musyawarah Desa sebagaimana angka 5 (lima) digunakan dasar untuk mengajukan ijin pelepasan Tanah Kas Desa Gayam kepada Gubernur Jawa Timur melalui Bupati Bojonegoro.


Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh  Ruben A.L.T dan Aryo Sasmito dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Ganang  Anindito dari BPN. Dari SKK Migas Pusat hadir antara lain Anang H, Dian Fitriyani, Jaya Prawira N. Hadir pula dalam kesempatan ini  Maulindawaty dan Singgih P Perdana dari SKK Migas JABANUSA dan perwakilan dari Exxon Mobil dan PEPC.

Sementara dari jajaran Pemkab Bojonegoro antara lain Assisten I, Drs. Djoko Lukito, MM, Asisten III Yayan Rohman AP, MM. Sedangkan SKPD yang hadir antara lain Bagian Hukum dan Bagian Pemerintahan Sekretariat Pemkab Bojonegoro, camat Ngasem dan Kepala Desa Gayam beserta perangkatnya. (Ney/Ang)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .