Jual Pupuk Palsu Sebuah Gudang Digerebek Polisi

Suara Bojonegoro     Sabtu, April 16, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Sebuah gudang milik H Lamirun warga Rt. 07 Rw. 02 desa Jono Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro, Digerebek oleh aparat Kepolisian, dari Satreskrim Polres Bojonegoro, bersama Polsek Temayang dan Anggota Posramil Temayang. Jum'at malam (15/4/2016).

Dari data yang dihimpun suarabojonegoro.com dari lokasi kejadian, penggerebekan gudang pupuk milik H Lamirun yang diduga menjual pupuk palsu ini berawal dari laporan masyarakat terkait beredarnya pupuk ilegal yang ditengarai berasal dari H Lamirun.

Kapolres Bojonegoro AKBP Hendri Fiuser, mengatakan Setelah dilakukan pengecekan aparat menemukan sejumlah pupuk sebanyak 62 zak (3,1 ton) didalam salah satu gudang milik Lamirun.

"Diduga pupuk yang ditemukan ini adalah sisa pupuk yang belum terjual," Kata AKBP Hendri Fiuser.

Petugas yang langsung melakukan pemeriksaan pupuk dilokasi gudang H Lamirun, bahwa pupuk tersebut dari luar tampak persis dengan pupuk urea bersubsidi produksi PT. Petrokimia Gresik namun setelah dibuka isinya memang berbeda dengan yang asli.

Dari hasil keterangan salah satu warga, bahwa pupuk tersebut datang tadi malam sekitar pukul 23.00 wib sejumlah 100 zak/5 ton diangkut dengan truk.

"Lamirun menjual pupuk tersebut seharga Rp 120.000/zak, jauh diatas harga pupuk bersubsidi," Kata Salah satu warga yang namanya enggan dimediakan.

Setelah dilaksanakan kordinasi dibalai desa Jono Satreskrim Polres Bojonegoro membawa barang bukti pupuk ilegal tersebut ke Polres Bojonegoro dan disaksikan oleh Kapolsek, Danposramil dan Kades Jono.

Kasus serupa pernah terjadi di wilayah ini, Khususnya wilayah Bojonegoro di pinggiran hutan termasuk Temayang banyak yg mengelola lahan Perhutani untuk pertanian hal ini otomatis membutuhkan pupuk, namun lahan Perhutani yg digarap warga tersebut tidak masuk RDKK sehingga tidak dapat jatah pupuk subsidi dari Pemerintah, sehingga warga merasa kekurangan pupuk disaat masa tanam. (Ang*)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .