Kerajinan Gerabah Malo, Berharap Tembus Manca Negara

Suara Bojonegoro     Rabu, April 06, 2016    

Reporter : Amir Fatah

suarabojonegoro.com - Kerajinan kreatif gerabah di Desa Rendeng, Kecamatan Malo Bojonegoro, yang dilakukan oleh warga Desa Setempat bisa berharap bisa tembus ke luar Wilayah hingga Manca Negara, hal itu disampaikan oleh Sigit Kushariyanto Ketua Komisi B DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Bojonegoro, Rabu (6/4/16).

Rombongan Komisi B memang sengaja datang langsung ke lokasi untuk melihat dari dekat pembuatan Gerabah Rendeng ini, "ini memang industri kreatif yang butuh perhatian kalangan pemerintah," Kata Sigit.

Warga yang tinggal dibantaran sungai Begawan Solo ini sudah turun temurun membuat kerajinan gerabah yang berasal dari tanah liat dari bibir sungai begawan solo, berbagai kerajinan di buat seperti Pas bunga, patung binatang, tempat menyimpan uang, souvenir dan lainnya, namun soal permodalan sering dikeluhkan oleh mereka.

"Sampai saat ini memang penjualan gerabah ini sudah tembus luar wilayah seperti Tuban, Gresik, Jember dan wilayah lainnya, namun Perlu adanya solusi penjualan lagi hingga bisa tembus ke luar Negeri," papar pria politisi Partai Golkar ini.

Sigit juga mengatakan bahwa Harus ada pengembangan yang lebih baik lagi, sehingga industri gerabah ini akan lebih menarik konsumen dan juga wisatawan yang bertandang ke lokasi industri kreatif ini.

Kepala Desa Rendeng Muslih, sangat berharap perhatian dari berbagai pihak guna peningkatan industri kreatif yang berasal dari tanah liat ini, "Kami akan terus mengembangkan produksi kreatif ini dengan pelatihan pelatihan agar mempunyai daua tarik dan kualitas tinggi," Kata Muslih. (Mir/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .