Mengapa The Little Teksas Wonocolo Bukan Texas

Suara Bojonegoro     Minggu, April 17, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Seperti yang diketahui wisata minyak yang ada dilokasi penambangan tradisional sumur minyak tua Wonocolo diberikan julukan "The Little Teksas Wonocolo". Mengapa Teksas bukan Texas? Hal tersebut dikarenakan teksas diambil dari kata "Tekadnya Selalu Aman dan Sejahtera.

Field Manager Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, Agus Aprianto mengatakan jika pihaknya sangat menyambut baik niat dan tekad Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro yang ingin menjadikan wonocolo sebagai satu-satunya wisata migas di Indonesia yang mengakomodir penambang tradisional yang minyaknya diserahkan negara dan itulan yang bisa menjadi wisata edukasi.

"Bagi adik-adik yang belajar ilmu perminyakan taunya jangan penambangan minyak modern yang memakai pompa bawah tanah," katanya.

Selain itu menurutnya, adanya wisata minyak di Woncolo juga bisa menumbuhkan market ekonomi bagi masyarakat sekitar seperti menjual soevenir atau kerajinan lain dan bisa menjadi tukang ojek pengantar wisatawan dan lain sebagainya.

"Karena nantinya ada atraksi cara melakukan penambangan minyak secara tradisional untuk bisa dilihat langsung oleh wisatawan," tambahnya.

Agus menambahkan, sebenarnya dibuatkannya desa wisata minyak ini nantinya juga akan bisa mengurangi penyulingan minyak secara ilegal karena masyarakat sekitar nantinya akan secara bertahap beralih menjadi misalnya pedagang atau ojek wisatawan untuk mengantar para tamu yang datang saat minyak sudah mulai habis.

"Ada tiga lokasi yang bisa didatangi langsung wisatawan yaitu sumur 138, sumur D-056 dan rumah singgah," tambahnya. (Ney/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .