Moving Peralatan GOSP Dikawal Oleh Tim Khusus

Suara Bojonegoro     Rabu, April 13, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Beberapa warga sekitar lokasi merasa terganggu moving peralatan Gas Oil Separation Plant (GOSP) Lapangan Banyuurip, Blok Cepu yang dilakukan pada malam hari. Hal tersebut dikarenakan suara mesin kendaraan menimbulkan bising akibat moving. Rabu 13/04/2016.

Salah satu warga sekitar lokasi Arsyad mengatakan jika sekitar pukul 24.00 WIB atau tengah malam beberapa truk berukuran besar melewati jalan poros raya Kecamatan Gayam untuk membawa peralatan GOSP sehingga suara mesin kendaraan menimbulkan bising dikala jam orang-orang seharusnya terlelap tidur.

"Intinya moving sangat mengganggu sekali," kata warga Desa Begadon, Kecamatan Gayam, Bojonegoro, Jawa Timur.

Hal yang sama juga dikatakan Ketua Karang Tarina Desa Gayam jika kegiatan moving peralatan GOSP memang sangat mengganggu warga karena dilakukan malam hari. Menurutnya dilihat dari aspek keselamatan jauh lebih efisien moving pada siang hari dengan catatan ditempatkannya flagman disepanjang jalur moving.

"PT SIP harus menempatkan flagman dijalur moving ," kata M Aris.

Sementara itu, pengawas proyek PT Sarana Indo Persada (SIP) Widi Harsono menyampaikan jika dilakukannya moving peralatan Gas Oil Separation Plant (GOSP) Banyuurip Blok Cepu dimalam hari adalah instruksi dari Polres Bojonegoro untuk mengantisipasi kemacetan.

"Pada siang hari jalan poros raya Kecamatan Gayam ramai kendaraan sehingga moving peralatan dilakukan malam hari," katanya.

Widi juga menambahkan, jika aktivitas tersebut juga telah dikawal super ketat oleh berbagai pihak yang terbentuk dalam suatu tim terdiri dari patroli dan pengawalan, PLN, Telkom dan sweeper sehingga tidak diperlukan adanya flagman disepanjang jalur moving.

Seperti yang iketahui Exterran adalah pemilik fasilitas GOSP yang disewa oleh pihak ExxonMobik Cepu Limited. Dalam pemindahan fasilitas tersebut setelah sewa, exterran memberikan pekerjaannya kepada PT SIP.
(Ney/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .