Pencak Silat Luput dari Perhatian Pemerintah

Suara Bojonegoro     Kamis, April 14, 2016    

Oleh : Didik Mukrianto SH. MH

suarabojonegoro.com - Kebijakan dan keputusan yang sangat tidak tepat dan tidak bijak apabila pemerintah tidak peduli atau menganggap remeh eksistensi pencak silat.

Pencak silat adalah warisan budaya bangsa yang harus terus dilestarikan dan dikembangkan.

Nilai strategis Pencak Silat, selain sbg warisan budaya, dlm kehidupan berbangsa dan bernegara sgt fundamental dan esensial karena :

1. Pecak silat mengajarkan utk menjadi pribadi yg luhur dan punya anggah ungguh serta menjadi pribadi yg adi luhung.

2. Pencak silat dlm ajarannya harus mampu menjadi moral force/kekuatan moral dlm melahirkan warga negara yg menjd insan yg punya kecerdasan spiritual dan moral.

3. Pencak silat akan mampu menjadi kontrol sosial dlm menjamin pelaksanaan hak" warga negara dr penyimpangan yg dilakukan oleh pemerintah dan kelompok yang ingin memaksakan kehendaknya dg melakukan pelanggaran HAM.

4. Pencak silat akan mampu menjadi agen perubahan yang lebih baik utk bangsa ini.

Pencak silat mengambil porsi kehadiran negara dlm memperkokoh eksistensi NKRI krn senatiasa mengajarkan akan budi pekerti yg mulia bagi seluruh anggotanya. Pencak silat hadir dlm membina masy yg berasal dr pinggiran hutan, pinggiran pantai dan lokasi plg marginal yg belum tersentuh pemerintah. Program bela negara yg saat ini mjd program prioritas pemerintah pusat, sesungguhnya sudah dilakukan oleh Pencak silat.

Utk itu pembinaan terhadap tumbuh dan berkembangnya ajaran-ajaran mulia dr pencak silat yg dimanifestasikan melalui salah satu cara melahirkan prestasi pencak silat, sdh seharusnya menjadi perhatian penuh pemerintah termasuk pemerintah daerah.

Sangat memprihatinkan apa yg dialami atlet pencak silat bojonegoro yang belum mendapat perhatian pemkab. Saya sebagai wakil mereka di DPRRI akan membantu secara langsung serta menggerakkan, mengajak seluruh pemangku kepentingan di Bojonegoro utk segera memberikan bantuan dan solusi agar atlet atlet bojonegoro bisa berlaga dalam kompetisi dan menghadirkan prestasi utk bojonegoro.

Penulis adalah:
1. Sekretaris Fraksi Partai Demokrat DPRRI
2. Anggota DPRRI Dapil Bojonegoro-Tuban
3. Ketua Umum Karang Taruna Nasional

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .