Pentingnya Ijazah, UN Diikuti Ratusan Peserta Dari Kejar Paket C

Suara Bojonegoro     Selasa, April 05, 2016    

Reporter: Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Pentingnya surat tanda Tamat Belajar atau Ijazah sangat dibutuhkan oleh Masyarakat dalam berbagai hal terutama soal persyaratan mendapatkan pekerjaan, hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta UN dari kejar Paket C sebanyak 117 peserta UN (Ujian Nasional).

Seperti disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Bojonegoro Suyuthi saat melakukan Sidak di lokasi UN bagi kejar paket C setara dengan SMa yang bertempat di SMP N Balen, yang diselenggarakn oleh PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Budi Ilmu, suyuthi sangat kagum melihat semangat dan antusias warga yang pernah putus sekolah, dan kembali mengikuti ujian guna mendapatkan ijasah setara SMA ini.

"Mereka ini rata rata putus sekolah bukan karena sebuah kesengajaan, akan tetapi karena memang kondisi ekonomi yang lemah," Terang Suyuthi, Selasa (5/4/16).

Hal ini dibuktikan dengan adanya salah satu peserta yang pada tahun 2012 sengaja memutuskan berhenti sekolah tingkat SMA, karena terdesak kebutuhan ekonomi dan memilih bekerja di surabaya, dan pada saat itu dia sudah kelas 3 SMA. Namun karena harus menjadi pekerja tetap dengan syarat Ijasah SMA maka dirinya masuk PKBM Budi Ilmu dan ikut UN.

Selain itu temuan Suyuthi, juga ada peserta yang sudah sekolah di Singapura, namun karena dirinya harus bekerja di Indonesia, juga membutuhkan ijasah Indonesia, sehingga peserta tersebut juga ikut kejar Paket C dan menjadi peserta UN 2016 ini guna mendapatkan surat keterangan belajar setara SMA.

"Jadi banyak siswa dulu yang putus sekolah bukan karena memang malas belajar, akan tetapi memang karena himpitan ekonomi," Tambah Pria yang juga koordinator komisi C DPRD Bojonegoro yang membidangi Pendidikan.

Menurut Kepala PKBM Budi Ilmu Damiyati, ada 117 peserta UN yang seharusnya ikut melaksanakan UN, akan tetapi ada 8 yang tidak hadir untuk mengikuti UN. (Ang*)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .