Petani Desa Sudu Terbantu Adanya Normalisasi Sungair

Suara Bojonegoro     Selasa, April 05, 2016    

Reporter : Nella Rachma

Normalisasi sungai Sudu yang berada di Desa Sudu, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro kini sudah dirasakan manfaatnya oleh warga setempat meskipun normalisasi baru satu bulan terselesaikan. Selasa 05/04/2016

Kepala Desa Sudu, Trikasih pada acara musyawarah desa (musdes) di balai desa setempat mengatakan jika program normalisasi tersebut sangat bermanfaat bagi warganya. Terutama, kata dia, bagi para petani mengingat saat ini aliran sungai menjadi lebih lancar karena ruas sungai lebih lebar.

"Terbukti kemarin tidak terjadi banjir yang biasanya selalu dialami oleh para petani disepanjang jalur sungai," ungkapnya.

Dia mengatakan, program normalisasi bantuan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) ini dilaksanakan di sepanjang 1,8 KM Sungai Sudu. Sungai tersebut, imbuh dia, menyuplai kebutuhan air kepada lebih dari 200 hektar sawah warga. "Lebih dari 300 petani yang terbantu dengan normalisasi sungai ini," cetus dia.

Sementara itu, ketua tim pelaksana program, Saifudin Rofiq, program ini sudah dilaksanakan sejak November 2015. "Kita mampu selesaikan awal Maret lalu," katanya.

Mantan ketua karangtaruna Desa Sudu tersebut menuturkan bahwa sepenuhnya program dilaksanakan oleh warga. Tujuannya, kata dia, agar menumbuhkan rasa memiliki dan semangat gotong royong.

Dia mengatakan, selama berlangsungnya program, tim didampingi oleh LSM IdFos agar manajemennya  bagus dan transparan. Dia berharap, dengan adanya program ini, warga semakin baik kondisi perekonomiannya. (Ney/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .