Prosesi "Selametan" Sedulur Sambong "Sambang" Watu Semar

Suara Bojonegoro     Sabtu, April 30, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Ratusan warga Desa Sambongrejo, Kecamatan Gondang, Bojonegoro, yang melakukan Sambang kepada Watu Gandul yang kini disemayamkan di depan Pendopo Pemkab Bojonegoro, oleh Pemkab Bojonegoro semenjak satu tahun lalu, tampak atusias melakukan prosesi "Selametan" atau syukuran, karena bisa melakukan "Sambang" atau disebut Kunjungan ke watu Semar, Sabtu (30/4/16).

Mereka dipimpin oleh sesepuh Desa Sambongrejo, Kiai Mukayan, melakukan Do'a bersama di sekitar watu Semar, dan melakukan berbagai prosesi diantaranya adalah penyucian terhadap watu Semar, yang sudah menjadi bagian dari alam yang dibawa dari Desa Mereka.

Watu Semar ini sudah dianggap sebagai saudara bagi warga Desa Sambongrejo, karena dalam kesehariannya sejak dulu hingga sekarang warga Sambongrejo ini bergumul dengan alam baik dalam bekerja, bermain dan beradaptasi, sehingga watu Semar ini sudah dianggap sebagai saudara mereka.

"Ini adalah bentuk kerinduan warga Sambongrejo, terhadap watu Semar yang biasa dikunjungi warga setiap hari saat Batu Semar masih di Sambongrejo," Kata Eko Prasetyo, Kades Sambongrejo.

Tampak kerinduan warga Sambongrejo yang datang terhadap Batu Semar ini, hal itu terlihat tak hentinya warga yang selalu memgangi Batu Semar, yang sudah lama tak dilihatnya.

"Memang dulu warga sering datang ke Batu Semar sambil membawa jajan dan diletakkan diatasnya," lanjut Eko Prasetyo.

Sehingga dalam prosesi ini warga juga membawa jajan dan nasi bungkus yang diletakkan dalam "Jodang" atau alat sebagai tempat kue dan nasi diwaktu dulu saat hajatan, dan dibagikan kepada warga.

Lebih unik lagi warga yang datang melihat prosesi Slametan ini saling berebut makanan yang ada didalan Jodang persembahan warga Sambongrejo ini. (Ang*)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .