Proyek Air Bersih ESDM Jatim Di Sumberejokidul, Diduga Siluman

Suara Bojonegoro     Senin, April 25, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Tentang tidak berfungsinya sumur bor berikut fasilitas mesin penyedot, tandon air dan menara tower yang diperbantukan ESDM Jatim untuk kebutuhan air bersih di Desa Sumberjokidul, Kecamatan Sukosewu, Bojonegoro ternyata proyek tersebut ditengarai siluman.

Dikarenakan saat dikonfirmasi Kepala Desa Sumberjo Kidul Edy Suncoko mengaku pihaknya tidak pernah mendapatkan serah terima bantuan."Pernah saya sampaikan ke kecamatan, disuruh menunggu. Namun berjalan sekian bulan ini, penyerahan bantuan juga tak kunjung ada," katanya.

Menurutnya, proyek itu dimulai tahun 2013 sebelum dirinya menjabat. Dari keterangan pejabat sebelumnya, proyek sumur bor  di desanya karena upaya salah satu warga yang kebetulan kenal dengan pejabat ESDM Jatim. Kemudian dikerjakan tahun 2014 dan teralisasi semua fasilitasnya di tahun 2015. Informasinya anggarannya mencapai Rp 500 juta.

"Tapi ada juga yang bilang Rp 400 juta, ada yang bilang Rp 300 juta, sayapun heran dan terus terang saya dan perangkat desa disini tidak mampu menelusuri adanya proyek air bersih ini. Ya mungkin proyek ini tidak boleh diketahui perangkat desa," terangnya.

Diakuinya proyek air bersih merupakan perbuatan mulia untuk kebutuhan warga desanya. Dikarenakan air bersih di desanya adalah barang berharga yang sangat dibutuhkan warganya."Anehnya lagi, fasilitas sudah teralisasi, kenapa airnya tidak mengucur dari dalam tanah dan setahu saya, proyek melibatkan tenaga ahli untuk sumber mata air dari ITB Bandung," jelasnya.

Diharapkannya, ada solusi dari pihak yang berkaitan untuk dapatnya air bersih itu mengucur dari pipa di dalam tanah, mengisi menara tower dan tandonnya, kemudian mengalir ke semua rumah warga sesuai volume masing masing yang telah direncanakan ESDM Jatim."Semoga tidak berfungsinya menjadi lebih berfungsi seiring dengan kebutuhan warga disini atas mengalirnya air bersih," imbuhnya. (Ang*)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .