Rp13 Miliar Dianggarkan Untuk Pengerukan Waduk Pacal

Suara Bojonegoro     Kamis, April 07, 2016    

Reporter: Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten Bojonegoro pada tahun ini berencana menganggarkan dana sebesar Rp.13 Miliar guna pengerukan waduk pacal di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang Bojonegoro, Jawa Timur.

Hal itu dilakukan untuk menormalisasi waduk pacal, pasalnya banyak endapan lumpur yang ada, serta tingkat Sedimitasi waduk sudah mulai meninggi.

Dikatakan oleh Kepala Dinas Pengairan Pemkab Bojonegoro, Edi Susanto, Rabu (5/4/16) bahwa rencana pengerukan waduk pacal akan dikerjakan melalui proyek multi years tahun 2016 hingga tahun 2018.

"Kondisi papan duga waduk pacal saat ini mencapai angka 113 pieschalle, dan jika dalam kondisi normal waduk pacal bisa menampung air hingga 2 ribu juta lebih kubik air," Kata Edi Susanto.

Kondisi waduk yang sering banyaknya endapan lumpur ini dikarenakan gindulnya hutan berpengaruh adanya air hujan yang bercampur lumpur masuk kedalam waduk.

Diharapkan dengan adanya normalisasi waduk pacal, nantinya akan lebih dari 16 ribu hektar area persawahan dapat teraliri air dari waduk pacal. (Ang*)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .