Suhu Lumpur Di Gondang Capai 40 Derajat, Semburan Bercampur Material

Suara Bojonegoro     Kamis, April 14, 2016    

Reporter: Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Setelah empat titik semburan lumpur di Desa Jari, Kecamatan Gondang, Bojonegoro, Jawa Timur yang semakin mencemaskan warga sekitar, kini tambah 2 semburan baru lagi dan mengeluarkan sejumlah material, Kamis (14/04/16).

Dari pantuan dilokasi Semburan lumpur,
semburan yang baru muncul pagi tadi terlihat lebih banyak kandungan minyaknya, air dan lumpur yang keluar tampak mengkilap.

Selain titik semburan lumpur berbentuk lubang besar, titik baru satunya telah membuat lobang menganga dengan diameter sekitar satu meter persegi dengan kedalaman amblesnya sekitar satu meter, serta mengeluarkan gelembung dan berbau menyengat.


Tim dari badan Geologi Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) hari ini tiba di lokasi semburan lumpur yang ada di Desa Jari, Kecamatan Gondang yang memantau dengan kamera geo thermal, panas material yang terekam adalah antara 37 hingga 40 derajat. Yang artinya dangkal, dan kurang dari 100 meter.

"Kedatangan kami untuk memastikan hal-hal seputar semburan lumpur yang telah terjadi selama sepekan ini disini," koordinator tim. Kata Dr. Igan S. Sutawidjaja.

Dikatakan juga oleh Ignan, bahwa bencana geologi seperti gempa membuat panas bumi dan membuat lumour terangkat keatas dan kelyar melaluiretakan yang terjadi akibat gempa.

"Semburan lumpur ini akan terus naik apabila terkena hujan, namun jika panas akan mengering dan tidak keluar, sehingga keluarnya lumpur ini tergantung pada pasokan air yabg ada," Tambah Ignan setelah melakukan pengukuran suhu kadar lumpur bersama tim sejumlah 8 orang. (Ang*)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .