Tiga Semburan Lumpur Di Gondang Masih Aktif

Suara Bojonegoro     Senin, April 11, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro menyatakan masih ada tiga titik semburan lumpur di Desa Jari Kecamatan Gondang, Bojonegoro, Jawa Timur yanga masih aktif mengeluarkan lumpur, sedangkan satu diantaranya sudah tidak aktif dan satu lagi kederasan sudah mulai berkurang. Senin 11/04/2016

"Jumlah ada lima titik, tiga titik masih sama kederasannya," Kabid Pengkajian dan Laboratorium BLH Bojonegoro, Heri Susano.

Akibatnya, semburan yang diketahui sejak Kamis 07/04 tersebut mengakibatkan kurang lebih 0,5 hektare sawah beserta tanaman padi milik warga terendam lumpur yang berakibat kepada rusaknya pertanian milik masyarakat desa setempat.

"Apalagi air lumpur terasa asin. H2S yang terkandung dalam lumpur masih menunggu hasil uji lab," tambahnya.

Namun, air lumpur tersebut menurutnya masuk ke saluran atau kali sepanjang 4 sampai 5 km sehingga dalam perjalanan sudah terurai karena lewat tanah, batu dan udara bebas sehingg sampai di hilir dimungkinkan sudah hilang.

Hari Sus juga menambahkan jika hari ini pihak Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Jawa Timur mendatangi lokasi titik semburan lumpur untuk mengambil sample lumpur. (Ney)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .