Tim Geologi Berencana Datangi Semburan Lumpur Gondang

Suara Bojonegoro     Kamis, April 14, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Hari ini Kamis (13/4/16) direncanakan Tim Geologi  mendatangi semburan Lumpur di Desa Jari Kecamatan Gondang, Bojonegoro, untuk mengambil langkah persuasif guna mengetahui dan memastikan semburan lumpur tersebut.

Kepala ESDM Kabupaten Bojonegoro, Agus Supriyanto bahwa Badan Geologi Bandung sudah dikomunikasikan untuk melakukan kajian lebih lanjut, "hanya saja untuk akhir minggu ini Tim UPN veteran yang akan meneliti sekaligus mengkaji fenomena semburan lumpur di Desa Jari Kecamatan Gondang," Papar Agus.

Diterangkan oleh Agus, bahwa daerah gondang utamanya Krondonan sekitarnya memang sering terjadi fenomena munculnya gas karena aktifitas gunung pandan dan puru. Dituturkan bahwa semburan lumpur diawali dengan adanya ledakan yang terus dia kamis petang tanggal 7 April lalu,kemudian muncul semburan.dan hari sabtu lalu semburan sempat berhenti kemudian muncul kembali menjadi 3 titik namun satu titik sambutannya lebih kuat.harus dipahami dengan karakteristik wilayah yang berpotensi munculnya gas maka aktifitas seperti ini jamak terjadi. Ditambahkan agus saat musim penghujan semburan bercampur air dan lumpur karena air hujan. Namun saat musim kemarau biasanya hanya gas yang keluar.

"Kajian awal yang dilakukan bahwa semburan tersebut memang mengandung gas merah, sulfur dan campuran minyak," Tambah Agus.

Yang kedua adalah semburan ini terjadi karena aktifitas gas bumi, atau gel termal karena aktifitas dari gunung pandan dan gunung puru. (Ang*)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .