Wabup Tuban Ajak Mahasiswa Bersama-sama Hadapi MEA

Suara Bojonegoro     Jumat, April 22, 2016    

suarabojonegoro.com    (TUBAN) – Wakil Bupati Noor Nahar Husain mengajak mahasiswa untuk bersama-sama mengahadapi (Masyarakat Ekonomi Asean) yang saat ini sedang berlangsung. Hal itu diungkapkan saat dihadapan para peserta kuliah umum yang diadakan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban Jumat (22/4/2016).
‘'Kalau disini ada jurusan ilmu politik ya harus bisa menjadi politisi yang negarawan,'' katanya.
Noor Nahar menjelaskan, untuk mengahadapi MEA semua mahasiswa harus membekali diri. Sebab, pada kompetisi ini yang perhatian adalah sumber daya manusianya.
‘'Jadi SDM-nya harus berkualitas,'' terang politisi PKB itu.
Noor Nahar mendorong agar mahasiswa juga lebih sering melakukan riset. Termasuk riset tentang kondisi perpolitikan nasional maupun riset dalam bidang lainnya.
‘'Coba nanti kalau ada diskusi lagi akan saya tanya. Bagiaman risetnya. Misalkan formulasi apa yang tepat untuk demokrasi di Indonesia,'' ujar mantan ketua PCNU Tuban itu.
Sementara itu, dengan adanya MEA pemkab Tuban telah ada beberapa kebijakan khusus yang telah ditetapkan. Salah satunya adalah memberikan syarat untuk para tenaga kerja asing yang ke Tuban.
‘'Kalau kesehatan kami selektif,'' jelas dia.
Politisi lulusan IPB itu, menegaskan beberapa perusahaan besar di Tuban harus mendahulukan tenaga lokal.
‘'Kalau ada yang masih bisa dikerjakan oleh masyarkat Tuban harus mengambil dari lokal,'' tegasnya.
Sementaran itu, Rektor Universitas Ronggolawe Supiana Dian Nurtjahyani mengatakan keberadaan perguruan tinggi, pemerintah dan masyarakat itu harus sinergis. Sehingga, kedatangan Wakil Bupati Tuban bisa menjadi langkah awal untuk mewujudkan kesinegisan tiga elemen tersebut.
Dekan Fisip Unirow Satya Irawatiningrum menuturkan, adanya kuliah umum ini untuk mendorong daya kritis mahasiswa. Selain itu, menambah wawasan dan keilmuan dari seorang praktisi. (fisip unirow)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .