Wisata Teksas Yang Diresmikan Bupati, Diduga Masih Ilegal

Suara Bojonegoro     Kamis, April 28, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Peresmian Wisata geoheritage Teksas di wilayah Sumur Tua Wonocolo, oleh Bupati Suyoto, Rabu, (27/4/16) ternyata ditenggarai masih ilegal, pasalnya Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, mempertanyakan izin penggunaan lahan hutan milik KPH Cepu yang digunakan sebagai tempat wisata Wonocolo.

KPH Cepu, sampai saat ini masih mempertanyakan izin penggunaan lahan hutan milik KPH Cepu yang digunakan sebagai tempat wisata Wonocolo.

"Karena hingga saat ini, pihak KPH Cepu belum diberi tembusan terkait perizinannya," dijelaskan Lilik Agus, bagian Hukum dan Agraria KPH Cepu.

Dikatakan pula bahwa seharusnya dari Pertamina memberi tembusan kepada KPH Cepu, tentang perkembangan perizinannya. Namun ada informasi yang diterimanya, bahwa pihak Pertamina tengah mengajukan izin ke pihak kementerian Kehutanan.

"Seharusnya, launching untuk Wisata Wonocolo ini ada penyelesaian dulu sehingga terkesan terburu-buru untuk merealisasikannya," ujarnya.

Pihak KPH Cepu juga mennayakan tentang segala perizinan belum terpenuhi untuk wisata Teksas Wonocolo ini, karena hal ini masuk dalam kesepakatan yang dilakukan pada Februari 2016 lalu. "KPH Cepu tidak mempersoalkan. Terpenting semua administrasi perizinan sudah tuntas semuannya," Ujar Lilik.

Dalam pengelolaan wisata nanti, menggunakan sistem kerjasama saling menguntungkan, yang akan melibatkan pihak Divre Jawa Tengah. Apalagi selama ini Perhutani menjadi yang dirugikan dengan adanya penambangan sumur minyak di Wonocolo.

Pihak Pertamina EP Cepu Aset 4 yang disampaikan oleh Sihit Dwi Aryono, selaku Manager Legal and Relations kepada wartawan, bahwa pemanfaatan lahan Perhutani KPH Cepu, masih dalam proses pembicaraan perizinan. Yang melibatkan Perhutani, Pertamina dan Pemkab Bojonegoro.

"Pemkab Masih membicarakannya Pertamina hanya support saja untuk perbaikan, karena nanti tanggung jawab wisata ini adalah masyarakat," Jelas Sigit. (Ang*)

Foto : persmian Teksas Wonocolo

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .