28 BUMDes Dilatih Tata Kelola Usaha Milik Desa

Suara Bojonegoro     Selasa, Mei 24, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Bojonegoro menggelar Pelatihan Keterampilan Manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk pelaku Bumdes, di Aula Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Bojonegoro, Selasa, (24/05/2016).


28 Desa yang sudah mempunyai Bumdes yang ada di Bojonegoro diberi Pelatihan Manajemen atau tata kelola usaha milik Desa,


Kepala Bidang Ketahanan Masyarakat (BPMPD) Bojonegoro, Imam cahyono, menjelaskan, pembentukan Bumdes ini sifatnya penting, sebagai penopang ekonomi di tingkatan Desa, dan selain itu untuk menampung usaha ekonomian di Desa sektor usaha real.


"Kita contohkan dengan Usaha penyediaan pupuk organik, itu pasarnya jelas, semua petani butuh pupuk"katanya saat ditemui di ruanganya.



Selanjutnya, ia menjelaskan, Secepatnya bagi desa yang belum mendirikan segera untuk membuat BUMDes, agar perputaran uang tidak keluar dari desa.


"Sekali lagi ini penting, karena untuk menampung ekonomi mikro" tandasnya.


Disinggung terkait rendahnya pemahaman pihak desa terkait pendirian, imam mengaku, pihaknya mencoba terus berupaya memberi pendekatan dan menjelaskan kepada pihak desa tentang Bumdes.


"Memang, ada faktor politik juga, akan tetapi kita terus bersinergi, bagi yang sudah ada terus mengembangkan, dan bagi yang belum kita terus berupaya mendorong untuk segera didirikan" tambahnya. (Wan/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .