5 Hal Penting Persiapan Jelang Puasa Ramadhan

Suara Bojonegoro     Minggu, Mei 29, 2016    

Reporter : --

suarabojonegoro.com - Ramadhan tinggal menghitung hari nih, pasti semua umat islam sangat antusias menyambut bulan penuh rahmat ini. Ibadah puasa tidak hanya sekedar ritual menahan lapar dan dahaga, tapi juga mengendalikan hati dan hawa nafsu. Sebelum menjalankan puasa ramadhan, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal penting agar ibadah puasa Anda lancar hingga moment lebaran tiba. Hem, kira-kira apa sajakah hal penting yang wajib dipersiapkan menjelang puasa ramadhan, simak saja yuk..

- Mulai berlatih puasa

Latihan puasa ini sangat penting, terutama bagi Anda yang menderita penyakit tertentu, misalnya : maag, diabetes, dan lain sebagainya. Perubahan pola makan saat puasa biasanya mempengaruhi kesehatan, karena itu diperlukan latihan/penyesuaian secara bertahap. Latihan puasa bisa dilakukan mulai bulan Syaban. Latihan ini tidak hanya bernilai ibadah, tapi juga membuat Anda lebih siap dan khusyuk dalam menjalankan puasa ramadhan.

- Periksakan kesehatan dan konsultasi dokter

Sebelum menjalankan puasa ramadhan, pastikan kesehatan Anda dalam kondisi fit, terutama bagi

ibu hamil, penderita penyakit tertentu, lansia, dan lain sebagainya. Jangan segan untuk memeriksakan kesehatan dan berkonsultasi akan kondisi Anda.

- Jaga kesehatan dan tingkatkan stamina

Menjaga kesehatan adalah wajib hukumnya, terutama menjelang puasa ramadhan. Alangkah ruginya jika di bulan penuh berkah ini, kita tidak bisa menjalankan puasa ramadhan hanya karena kita kurang menjaga kesehatan. Cukupi asupan nutrisi, cairan dan jangan lupa minum madu atau habbatusauda untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

- Sucikan Hati dan pikiran

Sebelum menjalankan puasa ramadhan, pastikan sucikan hati dan pikiran Anda dengan cara : meminta maaf kepada orang tua, saudara, teman dan siapapun yang sengaja/tidak pernah Anda sakiti. Buang rasa iri, dengki, prasangka, dan permusuhan dengan sesama dengan cara saling memaafkan dan mengikhlaskan.

- Siapkan harta untuk sedekah

Bersedekah di bulan ramadhan lebih dahsyat pahalanya dibanding bulan lainnya, karena pada bulan ramadhan pahala yang kita terima akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Karena itu, sebelum datang bulan penuh berkah tersebut, segera siapkan harta yang kita punya untuk disedekahkan.

Nah, jika semua persiapan sudah dilakukan, kini saatnya kita berdoa agar Allah SWT mengijinkan kita bertemu dengan bulan Ramadhan yang penuh berkah. Selamat meraup berkah ramadhan! Mohon Maaf Lahir dan Bathin untuk teman-teman semua. (**)

Sumber : http://ibu-zahraa.blogspot.co.id/2015/06/5-hal-penting-yang-harus-dipersiapkan.html?m=1

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .