Berantas Tikus Di Balen, Selamatkan Tanaman Petani

Suara Bojonegoro     Selasa, Mei 31, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Gerakan serentak pemberantasan hama tikus dilakukan puluhan petani di pematang sawah di Dukuh Kuniran Desa Kedungdowo Balen, Bojonegoro, dilakukan untuk menyelamatkan tanaman petani dari serangan hama Tikus yang meresahkan para petani. (Selasa, 31/05)

Pengendalian hama sejak dini ini, diharapkan bisa meningkat produktifitas pada tanaman padi pada lahan persawahan setempat, yang mayoritas para petani tersebut menanam Padi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Penyuluh Pertanian Lapangan Desa setempat, Erlyana (34) mengungkapkan, gerakan yang didasari rasa gotong royong ini, merupakan gerakan nyata dalam meningkatkan produktifitas tanaman padi.

Tanaman bisa terkendalikan degan baik dan menghasilkan produksi padi yg maksimal. "Keadaan tanaman disini sempat terkena paenyakit abang-abangen (sebutan penyakit padi), tapi alhamdulillah udah bisa tertanggulangi degan aplikasi agen hayati dan gerkan gropyok tikus ini" tandasnya kepada Suarabojonegoro.com.

Sedangkan, petani setempat, Abdul (50), mengatakan bahwa gerakan yang melibatkan petani setempat, dibantu oleh PPL, dihadiri Babinsa dan kepala Uptd pertanian Kecamatan, dikatan paling tidak bisa merubah pola pikir petani modern ini.

"Awal yang cukup bagus bagi kami, paling tidak kedepan kita sudah mempunyai pola fikir sedia payung sebelum hujan" kata pria yang sering disapa mbah dol ini.

Selanjutnya, kegiatan seperti ini juga akan dilakukan beberapa minggu kedepan, dengan lebih banyak masa dan jumlah luas lahan yang diprioritaskan untuk pengendalian hama tikus.(Wan/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .