Bojonegoro Kabupaten Miskin Ke 9 Se-Jatim

Suara Bojonegoro     Selasa, Mei 10, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Menyandang peringkat Kabupaten termiskin dengan nomor urut 9, inilah kenyataanya. Bojonegoro yang ditempati beberapa tempat produksi usaha dan mempunyai banyak Sumber Potensi Minyak dan Gas (Migas) ternyata masih peringkat ke 9 Kabupaten Termiskin, ini seluruh kabupaten di Jawa Timur, Selasa (10/5/16).

"Dari data kemiskinan yang ada di Bojonegoro ini, ads sebanyak 14 indikasi, hal ini sesuai yang ditetapkan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Bojonegoro," Ungkap Aw Syaiul Selaku ketua Bojonegoro Institute.

Dari survei yang dilakukan pada tahun 2014 dengan menggunakan indikator i deks pembangunan manusia dan tingkat pembangunan yang semakin banyak dan terang terangan, selain itu beberapa penyebab kemiskinan di Bojonegoro juga menjadi salah satu dasar.

"Bojonegoro memiliki sejarah kemiskinan yang sangat parah. Dimana penduduknya mayoritas bekerja sebagai petani. Sedangkan, infrastruktur pertanian tidak mendukung," Tambah AW kepada Wartawan.

Besarnya lahan milik perhutani di Bojonegoro juga menjadi penyebab banyaknya para petani yang tidak bisa berbuat apa apa karena kesulitan dalam pengelolaanya, hampir 40,67 persen lahan di Kabupaten Bojonegoro bukan milik daerah, tapi lahan Perhutani.

Dikatakan juga oleh AW, Dampak terbesar yang dirasakan oleh para petani adalah banjir yang selalu datang setiap tahun dan sering dengan bertepatan musim panen adalah Banjir baik banjir bandang yang kerap terjadi diwilayah selatan dan juga banjir luapan air sungai negawan solo di Bojonegoro bagian utara.

Insfraktruktur jalan juga menjadi bagian dari pengaruh adanya kemiskinan di Bojonegoro, kerusakan yang sering terjadi akibat infranstruktur tanah gerak akan membuat jalan yang sering dilintasi kendaraan untuk kegiatan perekonomian masyarakat cepat rusak.

Bukan menjadi perlintasan lalu lintas sebagai jalur utama juga sangat berpengaruh, karena wilayah jalur Bojonegoro tidak menjadi jalur utama transpotasi seperti jalur libtas pantura dan selatan. "Ditambah faktor Sumber daya manusia yang masih rendah juga dapat memperngaruhi kemiskinan," Tambah Aw. (Ang*)


Foto: dok suarabojonegoro.com

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .