Cara Pencegahan Seksual Pada Anak

Suara Bojonegoro     Selasa, Mei 31, 2016    

Reporter : --
suarabojonegoro.com - Akhir-akhir ini banyak kasus pelecehan seksual pada anak di bawah umur, misalnya saja di sekolah TK JIS. Mungkin banyak orang bertanya-tanya bagaimana bisa sekolah dengan taraf internasional dengan pengamanan super ketat bisa terjadi pelecehan seksual pada anak di bawah umur.

Ilustrasi
Kejadian seperti itu menjadi pukulan berat bagi orang tua korban, anaknya yang seharusnya mendapatkan pendidikan yang layak malah mendapatkan hal yang tak sepantasnya didapatkan oleh anak. Selain itu anak yang menjadi korban bisa mengalami gangguang trauma psikologis, yang tentu saja sangat sulit untuk dilupakan korban.

Untuk mencegah pelecehan dan kekerasan pada anak, sebaiknya orang tua harus memberikan pendidikan dini yang berguna untuk anak. Berikut beberapa cara pencegahan pelecehan seksual pada anak.

Ajari anak bagian tubuh pribadi

Anak terkadang tidak tahu mana saja anggota tubuh yang boleh disentuh dan yang tidak boleh disentuh. Oleh karena itu, orang tua harus mengajarkan pada anak sejak dini mana saja anggota tubuh yang tidak boleh disentuh siapapun. Dengan mengetahuinya, si anak diharapkan tidak akan diam saja jika ada seseorang yang mencoba menyentuh dia.

Perlindungan dan kepedulian orang tua

Orang tua sangat berperan penting dalam pertumbuhan si anak. Sebagai orang tua, kita harus selalu waspada dan menjaga anak dari berbagai ancaman yang bisa merusak masa depannya. Berikan perlindungan pada anak berupa kasih sayang, pendidikan dan selalau ada untuknya.

Selain itu orang tua harus pandai memilih mana yang pantas dijadikan temannya dan lembaga pendidikan yang pantas untuknya.

Ajari anak untuk berpakaian menutup aurat

Pakaian juga berperan penting untuk melindungi anak dari kejahatan seksual. Ajari anak untuk selalu berpakaian yang menutup aurat meskipun masih kecil. Dan juga ajari anak tujuan dari berpakaian yang menutup aurat agar si anak tahu apa akibatnya jika berpakaian terbuka.

Ajari anak untuk jangan takut memberitahu orang tuanya jika terjadi hal yang tak diinginkan

Memberikan pendidikan pada anak untuk jangan takut mengatakan sesuatu pada orang tua juga sangat penting untuk mencegah kejahatan seksual. Ajari anak untuk tidak segan menghubungi ayah atau ibu jika ada yang berani menyakiti atau mengancam kamu. Dengan demikian diharapkan si pelaku akan merasa takut.

Itulah beberapa cara mecegah pelecehan seksual pada anak. Dan yang paling penting, orang tua adalah tokoh utama yang berperan besar dalam tindakan pencegah kejahatan seksual pada anak.

Sumber :http://www.wowmenariknya.com/2014/04/cara-mencegah-pelecehan-seksual-pada.html

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .