Datangi Dewan, KAMMI Soroti DAK Pendidikan

Suara Bojonegoro     Senin, Mei 02, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Masih dalam rangkaian Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) sekelompok Pemuda dari Pecinta Pendidikan di Bojonegoro dari KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) Bojonegoro, Divisi Kebijakan Publik, mendatangi Komisi C DPRD Bojonegoro, dan mereka menanyakan tentang Dana Alokasi Pendidikan terkait sistem dan pelaksanaan pembagiannya, apakah ada perjanjian dengan DPRD atau tidak.

"Kami menanyakan terkait mekanisme pencairab anggaran Dana Alokasi Pendidikan senilai Rp.2 juta ini yang diberikan kepada siswa," Kata Mohhamad Musa Divisi Kebijakan Publik
KAMMI,  Senin, (2/5/16).

Karena menurut Musa, Dampak sosial dari pencairan, kebanyakan yang diterima oleh para siswa adalah bukan untuk keperluan pendidikan, tapi untuk kepeluan lain

"Kami berharap ada kerja sama dengan pihak pendidikan, tidak hanya dengan Desa saja," Tambah Musa.

Seharusnya menurutnya, terkait Penyaluran DAK ini harusnya  dari pemerintah Desa Ke Sekolah sehingga sangat efektif, dan sistem penggunaanya akan mendapatkan pengawasan.

Sementara itu Dana Bagi Hasil (DBH) Migas (Inyak dan Gas) yang hanya 0.2 persen juga menjadi pertanyaan mereka, karena dari DBH yang diterima cuma 6 persen, dan tidak diketahui arahnya kemana, karena mungkin disalurkan ke lembaga pendidikan, namun dari lembaga pendidikan ini ada juga yang semu, sehingga hal tersebut menurut DPRD harus Tahu.

Sekretaris Komisi C DPRD Bojonegoro, Abdullah Umar mengatakan bahwa dalam pembagian DAK ini harusnya mereka mendapatkan Surat Keterangan Dari Sekolah yang disampaikan ke pihak Pemerintah Desa.

"Jika memang ada yang tidak sesuai dengan Mekanisme, kami akan melakukan penelusuran dan mencari tahu, karena mekanisme dari Pemkab seperti demikian," Kata Abdullah Umar.

Menurut Umar Meskipun sudah dapat bantuan DAK Pendidikan, ternyata banyak data siswa sekolah yang nunggak biaya pendidikan di sekolahnya. (Ang)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .