Dewan Akan Carikan Terobosan Bagi Penambang Galaian C

Suara Bojonegoro     Kamis, Mei 26, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) akan mencarikan terobosan atau celah dari regulasi yang ada sehingga penambang galian c di Bojonegoro tidak dianggap melanggar dalam segi hukum oleh aparat penegak hukum. Hal tersebut dikarenakan hasil penambangan galian c juga sangat dibutuhkan oleh kontraktor yang melakukan program pembangunan proyek negara sehingga jika tidak adanya material galian c juga akan menghambat terselesainya proyek negara. Kamis 26/05/2016

Wakil ketua komisi A DPRD Bojonegoro, Anam Warsito mengatakan jika sebuah pembangunan adalah program dari Negara dan juga termasuk program dari Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro sehingga jikalau Negara sebagai pembuat regulasi tidak bisa mencari jalan keluar atas terhambatnya pembangunan Negara adalah tidak tepat.

"Di Bojonegoro banyak proyek negara yang terhambat karena alasan ketersediaan material pasir dan batu tidak tercukupi," katanya.

Lebih lanjut, padahal dua material tersebut sebenarnya sudah ada sumber daya di Kabupaten Bojonegoro sehingga proyek negara di Bojonegoro tersebut harus mendapat material dari daerah lokal sendiri tanpa harus mengabaikan kelestarian lingkungan dan melanggar hukum yang berlak.  Namun yang menjadi kendala saat ini para penambang galian c sangat kesulitan dalam kepengurusan ijin pertambangan.

"Itu yang harus dicarikan celah bagaimana mereka menjadi legal, tidak melanggar hukum dan tetap menjaga kelestrian lingkungan" , imbuh politisi Gerindra ini.

Anam menjelaskan, pihaknya akan mengagendakan ulang pertemuan dengan formasi lebih lengkap terkait yang bersangkutan dengan galian c untuk mencari solusi bersama sehingga harapannya tidak ada lagi kendala proyek negara kekurangan material sampai mengakibatkan kemoloran target penyelesaian. (Ney/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .